Kompas TV nasional politik

Mengenal 4 Menteri Baru Jokowi yang Dekat dengan Erick Thohir

Kompas.tv - 22 Desember 2020, 20:07 WIB
mengenal-4-menteri-baru-jokowi-yang-dekat-dengan-erick-thohir
Presiden Joko Widodo memperkenalkan enam menteri baru di beranda Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020). Para menteri baru terlihat memakai jaket biru. (Sumber: youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo mengumumkan enam nama yang masuk dalam kabinet Indonesia Maju. Empat di antaranya masih jadi bagian dari lingkaran Menteri BUMN Erick Thohir.

Pertama yakni Sandiaga Salahuddin Uno yang diberi tanggung jawab memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Kedekatan Erick Thohir dengan Sandiaga Uno sudah terjalin sejak lama. Bahkan keluarga Erick dan keluarga Sandiaga juga bersahabat.

Baca Juga: Reaksi Wishnutama Dicopot Jokowi dari Menparekraf dan Posisinya Digantikan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno pernah bercerita sejak SD hingga SMA dirinya kerap satu sekolah dengan Erick Thohir.

Masuk ke jenjang selanjutnya Erick dan Sandiaga  sama - sama melanjutkan perguruan tinggi di Negeri Paman sam.

Erick Thohir kuliah di Glendale University dan melanjukan pendidikannya untuk gelar masternya  di Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Sementara Sandiaga kuliah di Universitas George Washington. Sandiaga pernah mengunggah foto kedekatan mereka semasa kuliah di Negeri Paman Sam.

Persahabatan mereka semakin erat hal ini dikarenakan setelah lulus kuliah, mereka berdua sama-sama berkecimpung di dunia bisnis. Sandiaga mengaku ia dan Erick Thohir pernah membangun usaha bersama.

Baca Juga: Sukses Jadi Tim Pemenangan Bobby-Gibran, Sandiaga Paling Berpeluang Masuk Kabinet

Kedua adalah Muhammad Lutfi. Mantan Kepala BKPM ini ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Sama seperti Sandiaga, Lutfi merupakan teman seperkuliahan Erick Thohir. Lutfi kuliah di Purde University, Indiana, Amerika Serikat.

Setelah ditunjuk Presiden Jokowi, Erick Thohir mengunggah foto dirinya bersama Sandiaga Uno, Istri Sandiaga, Nur Asia Uno serta Muhammad Lutfi.

Sebelum terjun di pemerintahan Lutfi pernah merintis usaha bersama Erick Thohir, Wishnu Wardhana, dan Harry Zulnardy.

Baca Juga: Gaya Para Menteri Baru Jokowi di Pengumuman Reshuffle Kabinet



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x