Kompas TV regional peristiwa

Pesan Ridwan Kamil untuk Habib Rizieq Shihab: Kasihan Nakes, TNI dan Polri

Kompas.tv - 17 Desember 2020, 11:17 WIB
pesan-ridwan-kamil-untuk-habib-rizieq-shihab-kasihan-nakes-tni-dan-polri
Ridwan Kamil usai menghadiri HUT ke-74 Bhayangkara di Polda Jabar, Rabu (1/7/2020). (Sumber: KompasTV)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV -Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, rampung menjalani pemeriksaan untuk kali kedua terkait kasus kerumunan yang dihadiri oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Pemeriksaan kali ini dilakukan di Markas Polda Jawa Barat pada Rabu, 16 Desember 2020. Menurut Ridwan Kamil, pemeriksaan tersebut masih sama seputar kerumunan yang terjadi di Megamendung, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Usai menjalani pemeriksaan, Ridwan Kamil kemudian memberikan pernyataan terkait rentetan kerumunan yang dipicu karena kedatangan Rizieq Shihab di Indonesia.

Baca Juga: Kata Ridwan Kamil untuk Massa FPI Pendukung Rizieq Shihab: Hukumlah yang akan Menentukan Keadilan

Seperti diketahui, sejak kepulangannya, acara yang dihadiri oleh Rizieq Shihab selalu menimbulkan kerumanan massa. Hal itu terjadi di beberapa lokasi.

Pertama, saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Ada puluhan ribu massa FPI, pendukung dan simpatisan Rizieq Shihab yang menyemut di bandara saat dirinya pulang dari Arab Saudi.

Kemudian, disusul dengan acara di Tebet, Bogor, dan terakhir Petamburan saat Maulid Nabi Muhammad. Sampai sejauh ini hanya kegiatan di Jakarta dan Bogor saja yang dipermasalahkan.

Namun demikian, dari setiap acara yang dihadiri Rizieq Shihab, pada akhirnya kerap menimbulkan kerumunan massa. Padahal, saat ini masih dalam pandemi wabah virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tanya Mahfud MD Mengapa Hanya Kepala Daerah yang Diperiksa Soal Kerumunan Rizieq Shihab

Itulah sebabnya Ridwan Kamil merasa perlu memberikan pesan kepada Habib Rizieq Shihab. Termasuk para pemimpin lainnya, terutama yang mempunyai pengikut atau massa dalam jumlah besar.

Pesan tersebut yakni terkait keberhasilan dalam penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, keberhasilan mengatasi wabah Covid-19 haruslah berasal dari dua arah. Artinya, tidak semata-semata tugas pemerintah saja.

Tetapi, peran masyarakat juga dibutuhkan. Caranya, dengan menaati protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker saat berada di luar rumah.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pertanyakan Peristiwa Kerumunan di Bandara Soetta, Begini Kata Gubernur Banten



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x