Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil Tanya Mahfud MD Mengapa Hanya Kepala Daerah yang Diperiksa Soal Kerumunan Rizieq Shihab

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 23:11 WIB
ridwan-kamil-tanya-mahfud-md-mengapa-hanya-kepala-daerah-yang-diperiksa-soal-kerumunan-rizieq-shihab
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau posko pencegahan penyebaran Covid-19 Partai Nasdem di Jalan A. H Nasution, Kota Bandung, Selasa (21/4/2020) (Sumber: Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, merespons balik pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, yang menyatakan akan bertanggung jawab terkait kerumunan massa Rizieq Shihab.

Dalam pernyataannya, Ridwan Kamil kembali mempertanyakan tindak lanjut dari kerumunan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, saat kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Baca Juga: Bicara Keadilan, Ridwan Kamil Pertanyakan Gubernur Banten Tak Diperiksa Soal Kerumunan Rizieq Shihab

Seperti diketahui, Rizieq Shihab yang kembali ke Indonesia usai menetap di Arab Saudi selama lebih dari 3 tahun itu disambut puluhan ribu jamaah, pendukung dan simpatisannya pada Rabu, 10 November 2020 lalu.

Terkait kerumunan di lokasi yang dihadiri Rizieq Shihab, Ridwan Kamil mengatakan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus sama-sama memikul tanggung jawab.

"Siap, Pak Mahfud. Pusat daerah harus sama-sama memikul tanggung jawab. Mengapa kerumunan di Bandara yang sangat masif dan merugikan kesehatan/ekonomi, tidak ada pemeriksaan seperti halnya kami berkali-kali," kata Ridwan Kamil dikutip dari akun Twitter miliknya, @ridwankamil, Rabu (16/12).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mempertanyakan alasan kepala daerah harus terus dimintai pertanggungjawaban terkait kerumunan saat kegiatan Rizieq Shihab.

Baca Juga: Terkait Rizieq Shihab, Ridwan Kamil: Semua Kekisruhan Ini Dimulai Sejak Ada Statement Mahfud MD

"Mengapa kepala daerah terus yang harus dimintai bertanggung jawab. Mohon maaf jika tidak berkenan," kata Emil.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menjawab pernyataan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terkait rentetan peristiwa kerumunan massa Rizieq Shihab.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil sebelumnya meminta Mahfud MD bertanggung jawab atas kekisruhan yang terjadi akhir-akhir ini terkait kerumunan massa dan simpatisan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x