Kompas TV regional peristiwa

Terkait Rizieq Shihab, Ridwan Kamil: Semua Kekisruhan Ini Dimulai Sejak Ada Statement Mahfud MD

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 14:20 WIB
terkait-rizieq-shihab-ridwan-kamil-semua-kekisruhan-ini-dimulai-sejak-ada-statement-mahfud-md
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Sumber: KompasTV)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berbicara soal rentetan kerumunan yang dipicu karena datangnya pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, di Indonesia.

Seperti diketahui, kerumanan massa kerap terjadi di beberapa lokasi yang dihadiri Rizieq Shihab. Itu seperti di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Tebet, Bogor dan Petamburan.

Baca Juga: Datangi Keluarga Rizieq Shihab, Kak Seto: Kami Beri Perhatian Khusus ke Anak-anak

Menurut Ridwan Kamil, semua kekisruhan ini dimulai sejak adanya pernyataan dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

"Izinkan saya beropini secara pribadi terhadap rentetan acara hari ini," kata Emil mengawali opininya usai dimintai keterangan di Mapolda Jabar pada Rabu (16/12/2020).

"Pertama, menurut saya semua kekisruhan yang berlarut-larut ini dimulai sejak adanya statement dari Pak Mahfud yang mengatakan penjemputan HRS (Habib Rizieq Shihab) itu diizinkan."

Baca Juga: Rizieq Shihab Sendirian di Sel Rutan Narkoba Polda Metro Jaya

Dari pernyataan Mahfud itulah, kata Ridwan Kamil, ribuan orang menafsirkan bahwa diperbolehkan datang ke Bandara Soekarno Hatta untuk menjemput Rizieq Shihab selama itu tertib dan damai.

"Di situlah menjadi tafsir dari ribuan orang yang datang ke bandara selama tertib dan damai boleh, maka terjadi kerumunan luar biasa," ucap Ridwan Kamil.

"Sehingga ada tafsir ini seolah ada diskresi dari Pak Mahfud kepada PSBB di Jakarta dan PSBB di Jabar dan lain sebagainya."

Baca Juga: Selama Ditahan di Polda Metro, Rizieq Shihab Hanya Mau Makan Makanan dari Keluarga

Pria yang akrab disapa Emil itu menambahkan, dalam ajaran Islam, adil itu menempatkan semua sesuai dengan tempatnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x