Kompas TV regional peristiwa

Kata Ridwan Kamil untuk Massa FPI Pendukung Rizieq Shihab: Hukumlah yang akan Menentukan Keadilan

Kompas.tv - 17 Desember 2020, 06:23 WIB
kata-ridwan-kamil-untuk-massa-fpi-pendukung-rizieq-shihab-hukumlah-yang-akan-menentukan-keadilan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jalani pengambilan darah di puskesmas Garuda di Kota Bandung, Rabu 30/9/2020. (Sumber: Instagram @ridwankamil)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyikapi maraknya massa pendukung Rizieq Shihab yang mendatangi sejumlah kantor polisi, terutama di beberapa wilayah Jabar.

Pria berkacamata yang akrab disapa Emil ini mengimbau massa FPI agar mengedepankan dialog dan penyampaian aspirasi secara damai.

Baca Juga: Terkait Rizieq Shihab, Ridwan Kamil: Semua Kekisruhan Ini Dimulai Sejak Ada Statement Mahfud MD

"Menyikapi maraknya massa pendukung HRS (Habib Rizieq Shihab) atau FPI ke polres, saya imbau kita mengedepankan dialog dan mengedepankan aspirasi secara damai," kata Emil usai dimintai keterangan di Mapolda Jabar, Rabu (16/12/2020), dikutip dari Kompas.com.

Ia pun mengimbau agar massa pendukung Eizieq Shihab bisa menahan diri dan menyerahkan semua tuntutannya kepada proses hukum.

"Seorang gubernur Jabar pun hadir baik-baik (diperiksa soal acara Rizieq Shihab), maka penyampaian aspirasi tolong dilakukan dengan cara yang baik," ujar Emil.

Baca Juga: Mahfud MD Jawab Ridwan Kamil Soal Kerumunan Rizieq Shihab: Siap Kang RK, Saya Bertanggung Jawab

Emil mengimbau demikian agar wilayah Jabar yang sudah kondusif dan aman bisa tetap terjaga.

"Kita jaga walaupun ada tafsir berbeda pada apa yang terjadi dalam proses hukumnya," ucapnya.

Emil pun berharap, massa pendukung Rizieq Shihab tak lagi mendatangi kantor polisi, dan mengikuti kewenangan yang ada di pemerintah pusat.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pertanyakan Peristiwa Kerumunan di Bandara Soetta, Begini Kata Gubernur Banten

"Kita ikuti saja karena itu kewenangannya ada di pemerintah pusat, sudah ditarik ke Polri pusat, kita ikuti dan kita yakini bahwa hukumlah yang akan menentukan keadilan secara proporsional," tuturnya.

Diberitakan, massa pendukung Rizieq Shihab yang mengatasnamakan Umat Islam Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan aksi solidaritas di Mapolres Ciamis, Minggu (13/12/2020).

Tak hanya itu, massa lainnya juga sempat mendatangi Markas Polres Garut pada Senin (14/12/2020) siang. Mereka memprotes atas penahanan Rizieq Shihab.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tanya Mahfud MD Mengapa Hanya Kepala Daerah yang Diperiksa Soal Kerumunan Rizieq Shihab



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x