Kompas TV nasional politik

Haikal Hassan Ungkap Rizieq Shihab Ingin Rekonsiliasi Sejak 2017, Tapi Selalu Ada yang Menghambat

Kompas.tv - 19 November 2020, 17:04 WIB
haikal-hassan-ungkap-rizieq-shihab-ingin-rekonsiliasi-sejak-2017-tapi-selalu-ada-yang-menghambat
Rizieq Shihab (Sumber: kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekjen HRS Centre, Haikal Hassan atau biasa dikenal Babe Haikal mempertanyakan sikap pemerintah dalam memperlakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq.

Menurut Haikal Hassan, selama ini ada perlakukan tidak adil dari pemerintah terhadap Rizieq Shihab. Haikal mengatakan demikian dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang tayang pada Selasa (17/11/2020).

Adapun bentuk ketidakadilan tersebut, kata Haikal, banyaknya upaya-upaya yang mencoba menghalangi kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia.

Baca Juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mendadak Sambangi Markas Kopassus, Ada Apa?

Namun, sampai pada akhirnya Rizieq Shihab benar-benar bisa menginjakkan kakinya kembali di Tanah Air pada Selasa (10/11/2020).

"(Rizieq Shiha) selalu mendapatkan hambatan," kata Haikal Hassan.

Padahal, lanjut Haikal, sebenarnya pihak Rizieq Shihab sudah menyatakan siap untuk berdialog dengan pemerintah, termasuk rekonsiliasi jika memang diperlukan.

Upaya dialog itu, kata dia, bahkan sudah digaungkan pihak Rizieq Shihab sejak 2017 silam. Namun demikian, selalu ada saja pihak yang menghambat.

Baca Juga: Lurah Petamburan Terpapar Covid-19 dari Acara Rizieq Shihab? Ini Penjelasan Camat Tanah Abang

"Sejak tahun 2017, Habib Rizieq itu ingin dialog tapi selalu ada yang menghambat," ujarnya.

Oleh karenanya, Haikal Hassan mempertanyakan pihak yang berada di balik langkah-langkah yang mencoba menghambat niatan Rizieq Shihab tersebut.

Kondisi itu, kata Haikal, membuat adanya kesan bahwa Imam Besar FPI Rizieq Shihab begitu tidak diharapkan keberadaannya di Indonesia.

"Jujur-jujuran saja siapa yang menghambat itu, toh Pak Jokowi tidak anti-anti banget," kata Haikal Hassan.

Baca Juga: Imam Besar FPI Rizieq Shihab Disebut Kurang Sehat Usai Acara Maulid Nabi Muhammad di Petamburan

"Pak Jokowi tolong dengar ini, 2017 kami ingin diskusi, 'enggak bisa'. Habib Rizieq baru pulang pertama kali, lagi capek-capek pegang mic langsung berkata, 'kami ingin berdialog', tapi lihat sambutannya, tidak ada rekonsiliasi. Istana lho yang mengatakan."

Lebih lanjut, Haikal mengatakan, pihaknya meminta kepada pemerintah maupun pihak-pihak lain untuk tidak memperlakukan Rizieq Shihab seperti musuh negara.

"Emang Habib Rizieq ini apa, musuh negara, dia bukan bandar narkoba, dia bukan pemimpin partai, dia bukan siapa-siapa," ucap Haikal Hassan.

Baca Juga: Jadi Sorotan Usai Dibandingkan dengan Rizieq Shihab, Gibran Anak Jokowi Mengaku Siap Dihukum

"Beliau hanya musuh ketidakadilan dan dia ingin dialog, kemana musti dialog, kalau negara memperlakukan dia sebagai musuh."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x