Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mengasah Keterampilan Fotografi Lewat Ponsel

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 09:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Usia tak menjadi penghalang bagi siapa saja untuk belajar hal baru. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah perempuan di Kota Semarang, Jawa Tengah yang mengikuti keterampilan mengasah fotografi dengan ponsel pintar masing-masing. Para peserta seluruhnya adalah perempuan dari berbagai usia dan profesi.

Pelatihan atau workshop fotografi dengan menggunakan ponsel ini memang ditujukan bagi perempuan, khususnya ibu rumah tangga, agar lebih bisa memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang lebih produktif.

Tema yang diangkat dalam pelatihan fotografi dengan menggunakan ponsel pintar adalah seputar dapur. Mulai dari bumbu rempah, hasil masakan, hingga minuman pun dapat dijadikan objek untuk menghasilkan foto yang indah.


Harapannya, para peserta yang memiliki waktu luang bisa menghasilkan foto hasil masakan di rumahnya menjadi sebuah karya fotografi yang bernilai dan dapat diunggah di platform digital. Dengan dasar ini, unggahan foto yang indah bisa saja membuat produk foto dapur mereka bisa dijual. Sehingga dengan menerapkan ilmu fotografi, produk yang diunggah menarik minat konsumen.

“Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk memanfaatkan handphone. Khususnya untuk ibu-ibu yang kesehariannya punya waktu luang, mungkin setelah mengantar anak, setelah bekerja, atau weekend, misalkan mereka tidak kemana-mana mereka bisa berkreasi di rumah saja. Bisa memanfaatkan hasil masakan mereka untuk difoto yang bisa digunakan untuk foto produk, jadi ketika mereka ingin menjual suatu produk, mereka bisa mengambil foto yang bagus,” ujar Kusriati, Koordinator Semarang Female Photographer.

Salah satu peserta yang mengikuti workshop fotografi dengan menggunakan ponsel ini adalah Erny. Ia baru pertama kali mengikuti kegiatan seperti ini. Awalnya, Erny mengira fotografi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat profesional. Namun nyatanya, dengan menggunakan ponsel pintar yang sehari-hari ia gunakan ternyata bisa menghasilkan karya foto yang bagus dan estetik.

“Kepake banget ilmunya. Kebetulan juga saya hobi foto, kadang-kadang ada lihat objek yang menarik tapi tidak tahu cara mengaplikasikannya. Jadinya belajar di sini,” tutur Erny.

Pelatihan ini memang baru memberikan dasar fotografi dengan ponsel. Nantinya, akan ada pelatihan lanjutan yang akan mengasah keterampilan banyak perempuan lain seperti editing dan videografi dengan ponsel.

#pelatihanfotografi #workshop #semarangfemalephotographer




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x