Kompas TV regional sulawesi

Personil Polsek Botupingge Bantu Warga Korban Luapan Air Akibat Hujan Lebat

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 09:28 WIB
personil-polsek-botupingge-bantu-warga-korban-luapan-air-akibat-hujan-lebat
Sejumlah Personil Polsek Botupingge dan TNI Membantu Membersihkan Rumah Warga yang terkena dampak luapan air akibat curah hujan yang tinggi (Sumber: Kompas Tv Gorontalo)
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO,KOMPAS.TV - Personil Polsek Botupingge bergerak cepat membantu warga yang terkena dampak luapan air akibat curah hujan yang tinggi. Para petugas kepolisian bersama warga membersihkan material lumpur yang memasuki rumah-rumah di wilayah Kecamatan Botupingge, Bone Bolango.

Hujan lebat yang terjadi pada Minggu malam 28April 2024 menyebabkan banjir di beberapa desa. Di Desa Tanah Putih, Dusun 1, dua rumah terendam air dan dua kepala keluarga (KK) terdampak akibat luapan saluran air dari pegunungan menuju Sungai Bone. Sementara itu, situasi serupa terjadi di Desa Timbuolo Tengah, Dusun 4, yang juga mengalami banjir di dua rumah lainnya.

Banjir dan longsor juga mempengaruhi infrastruktur jalan. Sebagian badan jalan umum roboh akibat longsor, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan bagi pengguna jalan. Menghadapi situasi ini, personel Polsek Botupingge bekerja sama dengan TNI AD, BPBD, dan Tagana Bone Bolango melakukan tindakan darurat untuk mencegah banjir susulan. Aparat desa turut membantu mendata warga yang terdampak dan memberikan imbauan agar masyarakat tetap waspada.

Hujan deras yang berlangsung dari pukul 18.30 WITA hingga 20.00 WITA ini menimbulkan risiko banjir dan longsor lebih lanjut. Wilayah Kecamatan Botupingge, yang berdekatan dengan Sungai Bone dan berada di kaki Gunung Mandulangi, menjadi area rawan bencana.

Kegiatan bantuan dan pemantauan Polsek Botupingge berlangsung hingga pukul 22.00 WITA, dengan situasi yang mulai terkendali. Air yang menggenangi rumah-rumah warga mulai surut, namun warga yang tinggal di bantaran Sungai Bone diimbau untuk mencari tempat yang lebih aman sementara waktu.

Polsek Botupingge bersiaga untuk membantu evakuasi jika diperlukan, serta mengimbau warga untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang.

 

#banjir

#polsekbotupingge

#bonebolango

#gorontalo




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x