> >

Program KDS Disebut Dipolitisasi untuk Kepentingan PKS, Ini Kata Wakil Wali Kota Depok

Politik | 11 Mei 2022, 12:13 WIB
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menjelaskan adanya manfaat program Kartu Depok Sejahtera (KDS). 

Diketahui, adanya program KDS tersebut membuat DPRD Kota Depok melayangkan mosi tidak percaya kepada Wali Kota Depok Mohammad Idris. 

Imam mengatakan, KDS untuk menjangkau masyarakat miskin dengan syarat utama adalah tidak termasuk ke dalam golongan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah pusat.

Baca Juga: PKS Pertanyakan Mosi Tidak Percaya Anggota DPRD Depok ke Wali Kota Mohammad Idris

"KDS program penerima bantuan untuk warga Depok. Syaratnya adalah miskin, kalau dia tidak miskin adukan saja, nanti kami coret," kata Imam seperti dilansir dari Antara, Rabu (11/5/2022).

Ia menyebut, penerima KDS itu mendapatkan tujuh manfaat. Pertama, yaitu pelayanan kesehatan gratis melalui bantuan iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Depok.

Kedua, penerima adalah bantuan pendidikan bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi.

"Ketiga renovasi Rumah Tidak layak Huni (RTLH), keempat bantuan Santunan Kematian (Sankem) dan kelima, bantuan ketersediaan pangan," ujarnya.

Keenam, bantuan untuk para kaum lanjut usia atau lansia dan disabilitas. Ketujuh, atau kategori terakhir, bantuan pelatihan keterampilan dan penyaluran kerja.

"Ada tujuh manfaat, warga yang dapat nanti didata oleh para relawan yang tersebar di 63 kelurahan. Mereka mendata apakah layak atau tidak," ujarnya.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU