Kompas TV regional jabodetabek

Polisi Terapkan One Way dan Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Selama Long Weekend 9-11 Mei 2024

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 13:03 WIB
polisi-terapkan-one-way-dan-ganjil-genap-di-jalur-puncak-bogor-selama-long-weekend-9-11-mei-2024
KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto menjelaskan penerapan rekayasa lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada 9-12 Mei 2024, Kamis (9/5/2024). (Sumber: Youtube Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV - Satlantas Polres Bogor akan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap dan satu arah atau one way, baik menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat dan sebaliknya selama libur Kenaikan Yesus Kristus dan akhir pekan atau weekend 11-12 Mei 2024.

Untuk diketahui, Kamis (9/5/2024) dan Jumat (10/5) merupakan libur nasional dan cuti bersama Kenaikan Yesus Kristus. Sehingga jika digabungkan dengan libur akhir pekan, akan ada long weekend minggu ini.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto mengatakan one way menuju Puncak atau sebaliknya, diberlakukan secara situasional selama long weekend.

"Kemudian penerapan rekayasa one way baik itu satu arah ke atas, maupun one way satu arah ke bawah itu juga kami akan selalu terapkan dalam masa long weekend ini. Namun untuk pola waktunya, itu kami tidak bisa samakan dan itu kami lihat secara situasional," kata Ardian, Kamis (9/5), dikutip dari siaran Breaking News Kompas TV.

Dia mengimbau masyarakat yang akan berkunjung ke kawasan wisata Puncak memperhatikan rekayasa ganjil genap yang akan diterapkan hingga Minggu (12/5).

Baca Juga: Jadwal Operasional BCA Selama Libur Hari Kenaikan Yesus Kristus 9-10 Mei 2024

"Kami dari Satlantas Polres Bogor mengimbau agar masyarakat yang akan berkunjung seyogianya pertama yaitu memperhatikan waktu keberangkatan yang disesuaikan dengan plat nomor yang digunakan karena kami melaksanakan penerapan ganjil genap di Simpang Gadog bagi kendaraan yang akan menuju wisata kawasan puncak atau bagi yang akan masuk ke jalur puncak."

"Jadi tolong sesuaikan agar tidak terkena aturan ganjil genap sehingga kita harus memutarbalikkan lagi ke arah yang semula," lanjut Ardian.

Dia juga mengimbau masyarakat yang akan berwisata ke Puncak untuk memperhatikan kondisi kendaraan, mengingat karakteristik jalanan yang dominan tanjakan.

Perlu dipastikan kendaraan benar-benar dalam kondisi prima untuk menghindari mogok di jalan yang bisa menghambat arus lalu lintas.

Baca Juga: Libur Panjang, Kawasan Puncak Ramai Kendaraan Plat Jakarta

"Kemudian yang ketiga, tetap patuhi dan ikuti arahan petugas kami yang ada di lapangan agar lebih mudah pola pengaturannya," tutur Ardian.

Yang terakhir, ia mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi hujan disertai angin kencang dan kabut tebal yang sering melanda jalur Puncak.

"Mohon agar selalu memperhatikan jarak aman antarkendaraan agar tidak terjadi kecelakaan," katanya.

"Jangan memarkirkan kendaraan di bawah pohon rindang ataupun di samping tebing atau lereng-lereng karena khawatir nantinya akan terjadi bencana tanah longsor ataupun pohon tumbang."


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x