> >

Pemprov DKI Buka Posko Isi Ulang Tabung Oksigen bagi Rumah Sakit di Lapangan Monas

Peristiwa | 5 Juli 2021, 12:03 WIB
Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (17/7/2014). Monumen peringatan setinggi 132 meter ini didirikan pada 1951 dan diresmikan pada 1961. Setiap hari libur, Monas kerap dikunjungi banyak wisatawan. (Sumber: .KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lapangan Monas kini diubah menjadi posko Oxygen Rescue atau pengisian isi ulang tabung oksigen sebagai upaya pemenuhan kebutuhan oksigen rumah sakit dalam menangani Covid-19. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan ke posko tersebut pada Senin (5/7/2021). Anies mengatakan, posko ini disiapkan agar perputaran oksigen bisa tersalurkan dengan bagi bagi pasien yang benar-benar membutuhkan. 

"Nah di sini di Monas disiapkan posko oksigen sehingga rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan dan ada kebutuhan ekstra bisa ke sini, kemudian nanti oleh tim akan diambilkan oksigen dari beberapa lokasi," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin.

Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Penduduk dan Pemukiman yang juga Plt. Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DKI Jakarta, Suharti mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan PT Krakatau Steel di Cilegon untuk membantu pengisian ulang tabung oksigen untuk RS di Jakarta. 

Baca Juga: Anies: Pasokan Oksigen untuk Industri Dialihkan Sepenuhnya untuk Rumah Sakit

Kolaborasi yang dilakukan yaitu penyediaan tambahan tabung, isi ulang, dan distribusi tabung oksigen. Pada tahap awal, pengisian tabung oksigen dilakukan untuk 150 tabung oksigen isi pada 25 rumah sakit. 

Suharti mengatakan, Pemprov DKI Jakarta masih terbuka akan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu penanganan lonjakan kasus positif Covid-19 di Jakarta. 

“Kami mengundang lebih banyak lagi pihak-pihak lain ikut berkolaborasi dalam memenuhi kebutuhan oksigen," ujar Suharti. 

Mekanisme pengisian tabung oksigen yakni, pihak RS diminta membawa tabung-tabung oksigennya ke posko Rescue Oxygen, kemudian tim dari posko yang akan mengisi oksigen di Cilegon. 

"Di sini adalah tempat untuk transit aja. Di sini tidak ada oksigen. Jadi RS bawa tabung kemudian akan kita kirim untuk diisi lalu dikembalikan, nanti RS yang ambil di sini, supaya RS tidak perlu pergi ke tempat yg jauh," jelas Anies. 

Penulis : Hasya Nindita Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU