> >

Chuck Putranto Sebut Sambo Marah saat CCTV Diserahkan ke Polres Jaksel, Langsung Perintahkan Hal Ini

Hukum | 12 Januari 2023, 18:23 WIB
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo, memasuki ruangan menjelang sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa Chuck Putranto mengungkapkan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo marah saat mengetahui CCTV di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, diserahkan kepada Polres Jakarta Selatan (Jaksel).

Hal itu disampaikan Chuck saat menjadi saksi mahkota dalam sidang kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat untuk terdakwa Arif Rachman Arifin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2023).

Awalnya Chuck mengaku dipanggil Ferdy Sambo ke ruang kerjanya di Divpropam Polri pada 11 Juli 2022. Pada saat itu, Ferdy Sambo menanyakan keberadaan CCTV sekitar rumah dinasnya di Duren Tiga. 

"Beliau (Ferdy Sambo) tanyakan untuk posisi CCTV. Pertama saya kelupaan karena saya tidak pernah melaporkan ke beliau. Kemudian saya tanyakan 'CCTV yang mana jenderal?' Beliau tanya 'CCTV di sekitar rumah,'" kata Chuck.

"CCTV sekitar rumah, bukan CCTV dalam rumah ya jawaban saudara saksi?" ujar jaksa.

Lebih lanjut Chuck mengaku kepada Ferdy Sambo bahwa CCTV yang dimaksud telah diserahkan kepada penyidik Polres Jakarta Selatan.

"Saya bilang, 'Sudah saya serahkan ke Polres, Jenderal,'" kata Chuck.

Apa jawaban Ferdy Sambo?" tanya jaksa.

Chuck mengatakan, saat mendengar hal tersebut suara Ferdy Sambo pun meninggi dan menanyakan siapa yang telah memberi perintah untuk menyerahkan CCTV tersebut ke penyidik.

"Beliau di situ sudah meninggi suaranya. 'Siapa yang merintah?' Saya jawab 'Siap,'" kata Chuck.

Baca Juga: Karakter Ferdy Sambo Dibongkar Chuck Putranto: Kalau Tegur Tidak Lihat Tempat, Selalu Pakai 'Awas'

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU