> >

BMKG Prediksi Akan Ada Cuaca Ektrem di Masa Mudik Libur Nataru

Peristiwa | 20 Desember 2022, 23:05 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan peningkatan curah hujan ini akan berpengaruh pada proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru, Kamis (9/12/2021). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan ada cuaca ekstrem pada saat masa mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru nanti. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat yang akan memanfaatkan libur Nataru untuk mudik untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrem. 

Menurut Dwikorita diprediksi cuaca ekstrem ini terjadi di masa libur Nataru mulai 23 Desember 2022 hingga arus balik pada 1 hingga 2 Januari 2022. 

"Dari monitoring BMKG terdeteksi perkembangan kondisi cuaca yang sangat berpotensi menjadi ekstrem. Ini dipicu berbagai fenomena anomali dinamika atmosfer yang terjadi secara bersamaan. Biasanya satu per satu," ujar Dwikorita dalam jumpa pers melalui YouTube BMKG, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga: BMKG Imbau Waspada Cuaca Buruk Jelang Natal Dan Tahun Baru

Dwikorita dalam pengamatan BMKG ada empat fenomena yang terjadi secara bersamaan. Hal ini mengakibatkan kondisi dinamika atmosfir memicu peningkatan curah hujan hingga lebat. Bahkan dikhawatirkan dapat mencapai ekstrem.

Empat Fenomena tersebut yakni, pertama peningkatan aktivitas Monsoon Asia atau angin yang berhembus melalui skala regional dalam cakupan benua.

Monsoon Asia ini memicu pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan. 

Kedua, intensifikasi atau semakin intensifnya fenomena seruak dingin Asia. Seruak dingin atau cold surge merupakan aliran masa udara dingin yang berasal dari daratan Asia sekitar Tibet melalui Laut Cina Selatan hingga ke wilayah Indonesia bagian barat saat Monsoon Asia musim dingin.

Baca Juga: Libur Nataru, Polisi Prediksi 21,5 Juta Pemudik Lintasi Jawa Tengah

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU