Kompas TV regional peristiwa

Libur Nataru, Polisi Prediksi 21,5 Juta Pemudik Lintasi Jawa Tengah

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 16:37 WIB
libur-nataru-polisi-prediksi-21-5-juta-pemudik-lintasi-jawa-tengah
Jalan Siliwangi Semarang yang diprediksi menjadi satu titik rawan kemacetan saat mudik lebaran 2022 (Sumber: Kompas TV/Prahayuda Febrianto)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dirlantas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengungkapkan Jawa Tengah (Jateng) diprediksi menjadi jalur yang dilintasi para pemudik saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Senin (19/12/2022).

"Nataru nanti, Jateng kemungkinan tetap jadi favorit para pemudik. Kebanyakan pemudik yang datang rata-rata dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur," terang Agus di Mapolda Jawa Tengah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Agus mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan titik kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol, Pantura, jalur selatan dan arteri.

“Tadi sudah diekspose dari Kemenhub, itu kurang lebih 21,5 juta tapi itu yang menuju ke Jawa Tengah. Sehingga prediksi kepadatan lalu lintas harus kita pecah, sehingga pintu masuk ke Jateng yang 5 jalur tersebut nanti akan kita kelola,” jelasnya.

Baca Juga: PT KAI Daop 9 Jember Jadwalkan 18 Perjalanan Kereta Api Selama Libur Nataru

Nantinya Ditlantas Polda Jateng akan melakukan rekayasa dan skenario sebagai pengurai ketersendatan arus kendaraan pemudik saat Nataru.

"Ada lima jalur yang kita siapkan. Arus dari arah Jakarta akan diberlakukan one way. Termasuk skenario pengalihan dari tol ke arteri," lanjutnya.

Selain itu Polda Jawa Tengah juga akan menyiagakan 252 pos jaga selama arus mudik dan balik Nataru 2023 mendatang.

Sementara untuk puncak tertinggi kepadatan arus lalu lintas diprediksi akan terjadi pada 23-24 Desember mendatang.

Kemudian untuk arus balik Nataru juga diprediksi pada 30-31 Desember hingga 1 Januari 2023.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Penumpang di Bandara YIA Capai 11.000 Orang per Harinya

"Kita juga pantau terus tempat-tempat wisata strategis yang kemungkinan besar penuh wisatawan," tutur dia. 

Diberitakan sebelumnya Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) melakukan persiapan terkait skema rekayasa lalu lintas dalam masa libur Natal dan Tahun Baru 2023, Senin (19/12/2022).

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan berharap sosialisasi terkait rencana pemberlakuan rekayasa lalu lintas di tol maupun di tempat-tempat wisata diumumkan lebih awal.

Baca Juga: Gelar Rapat Terbatas Bahas Libur Nataru, Jokowi Ingatkan Potensi Pergerakan 44 Juta Orang!

Sehingga masyarakat bisa mengetahui informasi serta menentukan perjalanannya saat libur Nataru. Terlebih prediksi puncak arus libur nataru akan terjadi pada 23-24 Desember 2022.

“Masyarakat bisa tahu lebih dan menentukan perjalanannya, sehingga yang diperkirakan puncak arus pada tangal 23-24 Desember ini bisa dihindari,” jelas Aan dalam NTMC Polri, dikutip, Senin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x