> >

Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Apa Filosofinya?

Peristiwa | 17 Agustus 2022, 09:49 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Buton, Sulawesi Tenggara ketika menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta (17/8/2022). (Sumber: Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju ada Buton, Sulawesi Tenggara kala menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta (17/8/2022).

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini Baju Dolomani dari Buton. Maknanya dicari ke Buton," kata Jokowi. 

Baca Juga: Rangkaian Upacara 17 Agustus di Istana Presiden, Pertunjukan Seni hingga Atraksi Pesawat Tempur

Pakaian ada tersebut terdiri dari baju, celana panjang, sarung, serta kopiah dengan balutan warna dominan merah dan putih. 

Saat mengenakan pakaian ini dilengkapi dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat).

 

Baju Dolomani sendiri merupakan pakaian ada Kasultanan Buton, Sulawesi Tenggara. Pakaian ini sering dikenakan oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhammad Ali. 

“Baju dolomani ini biasa dipakai pada acara-acara resmi kesultanan," ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Baubau, Wa Ode Nurasanti Monianse, dikutip dari Tribunnews.

"Memang ini tidak lazim, biasanya warna hitam tapi ini dipesan warna merah jadi dibuatkan warna merah, karena suasana hari kemerdekaan, lagi tren merah putih."

Baca Juga: HUT ke-77 RI 2022, Jokowi: Mari Bersatu Padu Dukung Agenda Besar Wujudkan Indonesia Maju

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Tribun Sultra, Tribunnews


TERBARU