Kompas TV nasional peristiwa

Rangkaian Upacara 17 Agustus di Istana Presiden, Pertunjukan Seni hingga Atraksi Pesawat Tempur

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 09:14 WIB
rangkaian-upacara-17-agustus-di-istana-presiden-pertunjukan-seni-hingga-atraksi-pesawat-tempur
Pertunjukan musik tradisional dari Gunungkidul yang membawakan tembang Jawa di panggung depan Istana Presiden, Jakarta, Rabu (17/8/2022). (Sumber: Antara)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Istana Presiden Jakarta menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Rabu (17/8/2022).

Seperti diwartakan Antara, paduan suara Gita Bahana Nusantara dijadwalkan tampil dengan iringan orkestra sejak pukul 07.30 WIB, di panggung utama.

Mereka menyanyikan berbagai lagu, seperti Tanah Air instrumental (solo saxofone dan orkestra), Nusantara dan Simphony Raya serta Pancasila Rumah Kita.

Ada pula penyanyi Vidi Aldiano yang bakal featuring bersama Gita Bahana Nusantara, membawakan tembang Kebyar Kebyar dan Merah Putih

Selepas itu, giliran Lyodra yang tampil menyuguhkan tiga lagu daerah, meliputi Rek Ayo Rek, Kampung Nan Jauh di Mato dan Apuse

Tak hanya lagu, ada pula pertunjukan Reog Ponorogo dari Jawa Timur dan Tari Lumense asal Sulawesi Tenggara.

Adapun selanjutnya Gita Bahana Nusantara kembali tampil membawakan Rayuan Pulau Kelapa, bersama penyany Dere.

Baca Juga: HUT ke-77 RI 2022, Jokowi: Mari Bersatu Padu Dukung Agenda Besar Wujudkan Indonesia Maju

Selain di panggung utama, masyarakat juga dapat menikmati suguhan pertunjukan di sejumlah panggung yang disediakan panitia Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Di depan Istana Presiden, ditampilkan pertunjukan musik tradisional dari Gunungkidul yang membawakan tembang Jawa hingga lagu daerah Sumatera Utara.

Adapun Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi baru akan dimulai pukul 09.45 WIB.


 

Setelah Presiden RI beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI serta Ibu Wury Ma’ruf Amin datang, selama satu menit dilakukan 17 tembakan meriam, diiringi sirine dan tabuhan bedug masjid serta lonceng gereja yang bertalu-talu.

Jokowi selaku Inspektur Upacara memimpin sesi mengheningkan cipta, setelah pembacaan naskah proklamasi oleh La Nyalla Mattalitti, Ketua DPD RI. Adapun Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa usai sesi mengheningkan cipta.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, setelah itu, mengibarkan Bendera Negara Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan "Flypast" Pesawat Tempur dan Helikopter TNI AU.

Sebagai pemungkas acara, ada persembahan lagu-lagu dari Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara yang menyanyikan lagu Hari Merdeka, dan lagu daerah, Syukur, Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir oleh Farel Prayoga.

Baca Juga: Berpakaian Serba Putih, Abu Bakar Baasyir Ikut Upacara Kemerdekaan di Ponpes Ngeruki

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x