> >

Daftar Rumah Sakit di DKI yang Dijadikan Tempat Rujukan Hepatitis Akut, Ada di Jakpus dan Jakut

Kesehatan | 12 Mei 2022, 03:35 WIB
Foto Ilustrasi gejala hepatitis akut pada anak menurut Kementerian Kesehatan. Setidaknya ada 3 rumah sakit di DKI Jakarta yang menjadi rujukan penanganan hepatitis akut pada anak. (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sejumlah rumah sakit di DKI Jakarta dikabarkan sudah disiapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien yang diduga mengalami hepatitis akut misterius.

Setidaknya, ada tiga rumah sakit rujukan yang tersebar pada dua lokasi di Jakarta Pusat (Jakpus) dan satu rumah sakit di Jakarta Utara (Jakut).

Seperti di Jakpus, pemerintah kota (pemkot) setempat sudah menyiapkan dua rumah sakit rujukan untuk pasien yang diduga mengalami hepatitis akut misterius, yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.

"Selalu siap menerima kasus baru hepatitis akut yang diinformasikan dari puskemas, klinik dan semua rumah sakit yang memerlukan rujukan," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Erizon mengatakan, sistem pelacakan kasus atau surveilans kejadian luar biasa (KLB) terhadap kasus hepatitis misterius saat ini juga sudah dilaksanakan dengan melibatkan berbagai sektor.

"Mulai dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Sudinkes, rumah sakit sampai lini terdepan masyarakat," katanya. 

Kemudian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, ujar Erizon, sudah memiliki sistem pelaporan kasus baru hepatitis akut misterius. 

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis Akut pada Anak Sejak Dini

Ia menambahkan, data tersebut berguna untuk tahapan selanjutnya dilakukan penyelidikan epidemiologi terhadap pasien maupun keluarga orang yang berdekatan.

"Seperti tracing Covid-19," ungkapnya. 

Penulis : Gading Persada Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV, Kompas.com


TERBARU