> >

Tim DVI Polri Terima 30 Jenazah Korban Erupsi Semeru, 10 Berhasil Diidentifikasi

Peristiwa | 7 Desember 2021, 18:59 WIB
 Tim DVI Polri menerima 30 jenazah korban letusan Gunung Semeru, 10 di antaranya sudah berhasil diidentifikasi. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Disaster Victim Investigation (DVI) Polri menerima 30 jenazah korban letusan Gunung Semeru, Selasa (7/12/2021), untuk diidentifikasi di RSUD Haryoto, Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Kepolisian Indonesia Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan mengungkapkan, dari 30 jenazah tersebut, 10 di antaranya sudah berhasil diidentifikasi melalui pemeriksaan postmortem.

"Tiga puluh (30) jenazah telah diterima oleh tim DVI untuk diidentifikasi, 10 sudah berhasil diidentifikasi. Sedangkan 10 lagi masih proses. Jadi ada 20 yang diproses. Sementara 10-nya masih dalam pemeriksaan postmortem," kata Ramadhan saat konferensi pers di Jawa Timur, Selasa. 

Lebih lanjut dia menuturkan, 10 jenazah yang sudah teridentifikasi terdiri dari enam laki-laki dan empat perempuan. 

Ramadhan juga menyampaikan, dari 10 jenazah tersebut, terdapat lima jenazah yang sudah diserahkan kepada pihak keluarga karena dapat dikenali secara visual. 

"Lima telah diserahkan kepada keluarga karena ketika diserahkan ke pihak rumah sakit, segera dikenali secara visual dan ciri-ciri oleh keluarga,” ungkapnya. 

Dia kemudian mengimbau, masyarakat yang kehilangan anggota keluarganya agar mendatangi Posko DVI Polri, baik posko postmortem ataupun antemortem yang ada di RSUD Haryoto.

Baca Juga: Gunung Semeru Kembali Alami 2 Gempa Letusan, Jumlah Pengungsi Meningkat

Pihaknya juga memastikan, jenazah yang telah diidentifikasi akan difasilitasi penyerahannya kepada pihak keluarga.

"Setelah jenazah diidentfikasi, maka Polri dan RSUD Haryoto segera menyerahkan kepada pihak keluarga. Dan Polri maupun RSUD memfasilitasi, mengantarkan ke pihak keluarga atau ke tempat persemayamannya," jelasnya. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU