> >

Sampaikan Dukacita, Jokowi: Seluruh Kekuatan Berada di Lapangan, Cari Korban Terdampak Erupsi Semeru

Berita utama | 7 Desember 2021, 12:57 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan terkait Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur saat berada di lokasi, Selasa (7/12/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)

LUMAJANG, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jokowi pun memastikan seluruh kekuatan yang dimiliki pemerintah sudah berada di lapangan untuk mencari korban akibat erupsi Gunung Semeru itu.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan gunung semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,” ucap Presiden seusai meninjau area terdampak erupsi Semeru, Selasa (7/12/2021).

“Pada pagi hari ini, Saya datang ke lokasi untuk memastikan seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi.”

Baca Juga: Di Lumajang, Jokowi Datangi Posko Pengungsian hingga Sapa Anak-anak di Tenda Trauma Healing

Tak hanya itu, Jokowi dalam kunjungan ke Lumajang juga memastikan bahwa seluruh kebutuhan pengungsi terdampak erupsi Gunung Semeru sudah tertangani dengan baik.

“Baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih kondisinya mulai membaik,” ujarnya.

Di samping itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan pemerintah berencana untuk melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru.

“Kita berharap setelah nanti reda semuanya bisa dimulai baik itu yang berupa perbaikan infrastruktur, maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang memang perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Presiden Jokowi mengatakan lebih dari 2.000 rumah yang nantinya akan direlokasi ke tempat yang aman.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU