> >

Menhan Prabowo Resmikan Peluncuran Kapal Cepat Rudal, Bakal Bernama KRI Kapak

Peristiwa | 6 Desember 2021, 04:05 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan peluncuran kapal cepat rudal (KRC) buatan PT PAL Indonesia (Persero). (Sumber: Humas Kemenhan)

SURABAYA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan peluncuran kapal cepat rudal (KRC) buatan PT PAL Indonesia (Persero).

Kapal sepanjang 60 meter ini tercatat merupakan KRC kelima buatan galangan kapal industri pertahanan PT PAL Indonesia.

Dalam peluncuran kapal cepat rudal ini, turut hadir Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan Dirut PT PAL Indonesia (Persero) Kaharuddin Djenod.

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menegaskan perlunya maritim yang kuat agar Indonesia menjadi negara yang kuat.

“Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Dengan juga ditopang dengan industri pertahanan yang kuat agar kita menjadi negara yang mandiri,” ucap Prabowo dalam sambutannya di Ship Lift Divisi Kapal Perang PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Aksi Prabowo yang Getol Jualan Produk Industri Pertahanan, Sukses Gaet Malaysia Kunjungi PT Pindad

“Kita punya cita-cita besar, harus jadi tuan di laut, darat, dan udara kita sendiri. Kita bersahabat dengan semua negara, tapi kita akan mempertahankan kedaulatan dengan segala cara,” ujarnya lagi.

Sementara Dirut PT PAL Kaharuddin Djenod, di acara yang sama, mengatakan peluncuran KCR kelima ini kembali menjadi bukti atas kemampuan dan kompetensi yang dimiliki anak bangsa di PT PAL sebagai industri pertahanan dalam negeri.

“KCR ini diharapkan menjadi armada laut yang tangguh untuk menjaga kedaulatan Indonesia,” kata Kaharuddin.

Dalam keterangan yang diterima KompasTV dari Kementerian Pertahanan, pembangunan kapal ini untuk memperkuat dan memodernisasi kebutuhan alutsista di jajaran TNI AL.

Penulis : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU