> >

Mengenal M Prakosa, Dubes Italia yang Pernah Melawan Perintah Megawati Soekarnoputri

Berita utama | 17 November 2021, 12:48 WIB
Dubes Republik indonesia untuk Italia Muhammad Prakosa (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melantik 12 Duta Besar untuk negara sahabat bersamaan dengan pelantikan Panglima TNI, KSAD, dan Kepala BNPB hari ini, Rabu (17/11/2021).

Satu di antara 12 nama yang dilantik Presiden Jokowi adalah Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Muhammad Prakosa sebagai Dubes LBBP RI untuk Italia.

Karier M Prakosa dikenal publik bukan hanya sebagai Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan untuk periode 2019-2024.

M Prakosa, pernah mengabdi sebagai Menteri Pertanian pada Kabinet Persatuan Nasional, di mana KH Abdurachman Wahid sebagai presiden dan Megawati Soekarnoputri menjadi wakilnya.

Kemudian, karier M Prakosa sebagai menteri masih berlanjut ketika Megawati Soekarnoputri menjadi Presiden Republik Indonesia.

M Prakosa terpilih menjadi Menteri Kehutanan pada Kabinet Gotong Royong dengan masa menjabat terhitung sejak 2001 hingga 2004.

Baca Juga: Ini 12 Nama Dubes yang Dilantik Jokowi Bersamaan dengan Panglima TNI, KSAD, Kepala BNPB

Selepas menjadi bagian dari pemerintah, M Prakosa kemudian terpilih sebagai Anggota DPR dari PDI Perjuangan hingga saat ini.

Kini, M Prakosa yang merupakan kakak kelas dari Presiden Joko Widodo saat menempuh Pendidikan di Universitas Gadjah Mada dilantik menjadi Dubes LBBP RI untuk Italia.

Dihimpun dari berbagai sumber, M Prakosa tercatat menyelesaikan sekolahnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada pada 1982.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU