Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mengenal Arsip dan Budaya Literasi Lewat Literafest

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 10:15 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk memperkenalkan dan melestarikan warisan seni budaya daerah yang kaya di Kota Semarang, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang menggelar acara tahunan festival literasi atau Literafest 2024.

Literafest 2024 ini mengambil tema "Selamatkan Arsip, Selamatkan Budaya dan Tingkatkan Literasi" tujuannya untuk mempromosikan literasi di tengah masyarakat dan memperkenalkan serta melestarikan warisan seni budaya daerah di Kota Semarang.

Sebab, selama ini pemahaman masyarakat literasi hanya sebatas membaca dan bahasa. Dengan adanya Literafest 2024 ini, masyarakat dapat memiliki pandangan yang lebih lengkap.

Selain itu, juga memberikan pemahaman bahwa pentingnya arsip dalam kehidupan, bahkan hingga saat kematian. Masyarakat juga menjadi tahu sejumlah tugas lain dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang.

“Dengan adanya Literafest  2024 ini, diharapkan masyarakat menjadi tahu bahwa literasi itu juga menyangkut tentang bagaimana segala informasi sampai di masyarakat termasuk informasi sosial kemasyarakatan, pelayanan publik pemberitaan dan informasi bahwa arsip itu bermanfaat baik dari manusia lahir hingga meninggal. Bahkan, setelah meninggal pun masih bermanfaat, misal untuk kepentingan waris,” tututr FX Bambang Suranggono, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang.

Gelaran ini diisi dengan bazar buku serta berbagai lomba, salah satunya yakni lomba mural dengan tema kebudayaan. Salah satu peserta lomba mural mengaku, lukisan muralnya menceritakan tentang berbagai kegiatan dugderan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Kota Semarang.

“Kita mengangkat kegiatan dugderan seperti ada wahana mainan, seni tradisional, beduk dan sebagainya karena kearifan lokal harus dijaga,” ucap Ibnu Margono, peserta lomba mural.

Kegiatan Literafest 2024 ini, menegaskan kesungguhan Kota Semarang dalam memajukan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat dan diharapkan literasi menjadi elemen yang sangat penting dalam gaya hidup masyarakat Kota Semarang menuju visi Indonesia Emas 2045.

#literafest #dinasarsipdanperpustakaan #festivalliterasi




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x