Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Harga Cabai & Bawang Merah di Grobogan Tembus Rp 60.000/Kg

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 10:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Harga cabai  merah dan bawang merah melambung tinggi di beberapa daerah. Salah satunya di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pedagang menyebut kenaikan karena  minimnya stok namun permintaan tinggi.

Pedagang di Pasar Induk Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, menyebut harga cabai merah kini tembus Rp 60.000 per kilogram, padahal saat lebaran harga cabai merah masih di kisaran Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per kilogram.

Tak hanya cabai merah, harga bawang merah juga naik dua kali lipat dari Rp 30.000 menjadi Rp 60.000 per kilogram.

Menurut pedagang,  kenaikan harga karena minimnya stok dari luar daerah akibat gagal panen serta tingginya permintaan.

“Bawang merah, cabai merah, kalau cabai hijau sih naik tapi sedikit nggak begitu tinggi banget. Yang tinggi itu cabai merah dari harga Rp 30.000 sekarang Rp 60.000. Terus kalau rawit masih biasa, yang naik tinggi cuma bawang merah dan cabai merah. Kalau faktornya itu kalau bawang merah itu sehabis banjir, mungkin karena itu. Kalau cabai merah mungkin barangnya yang susah,” tutur Yuni, pedagang.

Pedagang berharap harga komoditas pangan bisa turun sehingga daya beli masyarakat kembali normal. Selain pedagang juga tidak dihantui kerugian akibat harga yang belum stabil.
 

#hargabawangmerah #hargacabaimerah #hargakomoditaspokok




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x