> >

Puan Maharani Minta Anggota DPR Buat RUU Berkualitas Meski di Masa Pandemi

Peristiwa | 9 Maret 2021, 10:16 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua  DPR RI Puan Maharani memastikan DPR RI akan segera menetapkan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2021 pada masa sidang ini. Menurut Puan, penetapan Prolegnas ini penting sebagai acuan yang terukur bagi DPR dalam menjalankan fungsi legislasi pada tahun 2021.

Politikus PDIP ini juga akan menindaklanjuti Surat Presiden tentang penunjukan wakil Pemerintah untuk membahas rancangan undang-undang (RUU) sesuai dengan mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


“Kepada seluruh pimpinan dan anggota komisi/pansus, agar bersama-sama dengan pemerintah dapat menjaga kinerja pembentukan RUU yang berkualitas, meskipun dilakukan pada masa pandemi Covid-19,” kata Puan dalam Pidato Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (8/3/2021).

Baca Juga: Setahun Covid-19, Wakil Ketua DPR : Lambat Laun Ada Kemajuan

 
Peraih gelar doktor honoris causa ini  menyampaikan, saat ini terdapat sejumlah isu yang menjadi perhatian masyarakat, misalnya rencana revisi UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

Hari ini, Selasa (9/3/2021) Badan Legislasi (Baleg) DPR akan melanjutkan pembahasan  daftar Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan masuk dalam  Prolegnas Prioritas 2021 bersama pemerintah dan Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI.

Baca Juga: Puan Maharani,  Bursa Capres dan Ketua DPR yang Tenang

Selama dua kali masa sidang, DPR belum bisa mengambil keputusan tingkat II daftar Prolgenas. Ada beberapa RUU yang masih menjadi perdebatan seperti rencana revis UU Pemilu, revisi UU ITE, RUU Minuman Beralkohol, RUU Haluan Ideologi Pancasila dan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).


  

Penulis : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU