Kompas TV nasional peristiwa

Puan Maharani, Bursa Capres dan Ketua DPR yang Tenang

Rabu, 24 Februari 2021 | 06:10 WIB
puan-maharani-bursa-capres-dan-ketua-dpr-yang-tenang
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dalam hasil survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI), nama Ketua DPR Puan Maharani tidak menonjol. Dia kalah jauh dibandingkan rekan separtainya Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah  itu selalu masuk tiga  besar sementara Puan Maharani jauh berada di urutan bawah.

Padahal, Puan adalah elite di partai banteng ini. Ibunya, Megawati Soekarnoputeri, adalah Ketua Umum PDIP. Ayahnya, almarhum Taufik Kiemas pernah duduk sebagai Ketua MPR. 

Namun, dalam survei top of mind,  ternyata Puan  berada di urutan ke-31. Di atas Puan atau urutan 30 ada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

    

Baca Juga: Nasib Puan Maharani di Bursa Capres Tak Sekinclong Ganjar Pranowo Berdasarkan Survei LSI


Dan ketika survei menggunakan simulasi semi terbuka dengan pertanyaan, "bila pemilihan presiden didakan sekarang ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih?" nama Puan Maharani mulai terangkat ke urutan ke-22. Pada simulasi semi terbuka, responden disodorkan 29 nama dan boleh ditambahkan.  

Ketika survei dilakukan dengan simulasi tertutup dengan menyodorkan 14 nama, Puan masuk dalam urutan 11 (0,8 persen). Dan ketika survei dengan simulasi tertutup dengan menyodorkan 10 nama, nama Puan naik lagi ke urutan ke-9. Pada urutan ke-10 ada nama Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan. 

Penulis : Iman Firdaus




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:42
NOVAK DJOKOVIC PEGANG REKOR SEBAGAI PETENIS NOMOR 1 DUNIA TERLAMA SELAMA 311 PEKAN   PRESIDEN SURIAH BASHAR AL-ASSAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   VIETNAM MULAI PROGRAM VAKSINASI MASSAL COVID-19   PENEMPATAN PULUHAN RIBU TENTARA AS DI KOREA SELATAN GUNA BERTAHAN DARI AGRESI KOREA UTARA   KOREA SELATAN SEPAKAT BAYAR ONGKOS PENEMPATAN 28.500 ANGGOTA PASUKAN AS DI NEGARANYA SEBESAR RP 71,8 T PER TAHUN   PEMKAB SLEMAN, DIY, GELAR VAKSINASI COVID-19 SECARA MASSAL DI MAL AGAR PESERTA TIDAK TAKUT   KOMNAS KEJADIAN IKUTAN PASCA-IMUNISASI: INFORMASI SOAL 4 NAKES MENINGGAL AKIBAT DIVAKSIN COVID-19 ADALAH HOAKS   SEBANYAK 240 TOKOH AGAMA DI TANGERANG SELATAN TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA   MULAI SELASA PAGI, ASN DI JAKARTA BARAT TERIMA VAKSIN COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL INGIN PINJAM GEDUNG KAMPUS IPB SEBAGAI LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI MASYARAKAT   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL TARGETKAN 6 JUTA DOSIS VAKSIN KORONA TERPAKAI HINGGA JUNI MENDATANG   PT BIO FARMA TUNGGU ARAHAN KEMENKES UNTUK PENYALURAN 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA   MENLU RETNO MARSUDI: 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA DIDAPATKAN DARI JALUR MULTILATERAL   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: 4 PASIEN YANG TERPAPAR VIRUS KORONA B117 SUDAH SEMBUH