> >

Istana Jawab Gatot Nurmantyo Soal Kaitan Pergantian Panglima TNI dan Film G30S/PKI

Politik | 23 September 2020, 21:57 WIB
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian. (Sumber: Youtube/KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS TV - Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden, Donny Gahral Adian, menjawab Gatot Nurmantyo terkait pernyataannya soal pergantian jabatan Panglima TNI dan pemutaran film G30S/PKI.

Menurut dia, pernyataan Gatot Nurmantyo yang mengaitkan antara jabatan Panglima TNI dengan pemutaran film kontroversial itu terlalu jauh, bahkan sangat kebablasan.

“Jadi, saya kira terlalu jauh dan agak kebablasan mengaitkan antara pemutaran film G30S/ PKI dengan pencopotan beliau," kata Donny kepada wartawan pada Rabu, (23/9/2020).

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Ngaku Dicopot Jokowi karena Perintahkan Tonton Film G30S/PKI

Menurut dia, lengsernya posisi Gatot Nurmantyo dari pucuk pimpinan TNI karena akan memasuki massa pensiun. 

Selain itu, memang sudah tradisi di tubuh TNI atau Polri pergantian jabatan dilakukan menjelang masa pensiun.

“Karena kita tahu semua pimpinan apakah TNI-Polri pasti akan ada masa jabatan dan ketika memang masa itu berakhir kan pasti akan ada pergantian,” ujar Donny.

“Kan beliau tidak dicopot di tengah jalan kan? beliau memang sesuai dengan masa jabatan dan sifatnya rutin."

Untuk diketahui, Gatot secara resmi digantikan Marsekal Hadi Tjahjanto pada 8 Desember 2017. Gatot digantikan Hadi kurang lebih 4 bulan sebelum memasuki masa pensiun pada 1 April 2018.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Sebut Ada Kelompok Mau Ubah Pancasila, Ini Ciri-cirinya

Sebelumnya dalam chanel Youtube Hersubeno Arief, Gatot Nurmantyo, mengaku diancam dicopot dari jabatan Panglima TNI karena menyerukan nonton bareng film G30S/PKI.

Dalam pernyataannya, Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu mengatakan tentang bangkitnya komunisme di Indonesia. Dia menyebut, Partai Komunis Indonesia (PKI) gaya baru sudah terendus sejak 2008.

"Saya mengamati tentang kemungkinan-kemungkinan bangkitnya gerakan Partai Komunis Indonesia gaya baru. Ini diawali sejak 2008," ujar Gatot dikutip dari channel Youtube Hersubeno Arief, Rabu (23/9/2020). 

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU