> >

Apa yang Menyebabkan Tensi Tinggi? Simak Penjelasan, Dampak, dan Cara Pencegahannya

Kesehatan | 12 Januari 2024, 10:05 WIB
Ilustrasi penyakit jantung. (Sumber: Shutterstock/Kateryna)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apa itu hipertensi atau tekanan darah tinggi? Apa yang menyebabkan tensi seseorang disebut tinggi?

Hipertensi, tekanan darah tinggi, atau tensi tinggi merupakan kondisi kesehatan yang serius dan harus diwaspadai karena dapat merusak jantung.

Baca Juga: 6 Minyak Esensial untuk Atasi Hidung Tersumbat, Begini Cara Menggunakannya

Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah sistolik seseorang melebihi 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg.

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2015, sekitar 1,13 miliar orang di dunia mengidap hipertensi, yang berarti satu dari tiga orang secara global terdiagnosis dengan kondisi ini.

Jumlah penyandang hipertensi terus meningkat setiap tahun. Diperkirakan, akan ada 1,5 miliar orang yang menderita hipertensi pada 2025. Tragisnya, hipertensi dan komplikasinya diperkirakan menyebabkan 9,4 juta kematian setiap tahunnya.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Gunakan Minyak Kemiri untuk 6 Hal Ini

Data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menunjukkan peningkatan biaya pelayanan hipertensi setiap tahun, yaitu sebesar Rp 2,8 triliun pada 2016, dan mencapai Rp 3 triliun pada tahun 2017 dan 2018. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengidentifikasi tekanan darah tinggi dengan tekanan darah sistolik lebih dari 130 mmHg dan diastolik lebih dari 80 mmHg, sedangkan tekanan darah normal adalah sistolik kurang dari 120 mmHg dan diastolik kurang dari 80 mmHg.

Ahli jantung preventif dari Cleveland Clinic Luke Laffin, MD menyatakan bahwa manajemen tekanan darah adalah kombinasi antara 70 persen kebiasaan hidup dan 30 persen obat-obatan. Tanpa perubahan gaya hidup, obat tekanan darah tidak akan bekerja secara efektif.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU