Kompas TV lifestyle kesehatan

Kaya Manfaat, Gunakan Minyak Kemiri untuk 6 Hal Ini

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 17:00 WIB
kaya-manfaat-gunakan-minyak-kemiri-untuk-6-hal-ini
Foto ilustrasi minyak kemiri. Berasal dari kemiri, minyak ini tidak hanya baik untuk rambut tapi juga punya kegunaan baik lainnya. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Minyak kemiri atau candlenut oil berasal dari ekstrak biji kemiri atau Aleurites moluccanus. Sejak zaman dahulu, minyak jenis ini dipercaya sebagai ramuan herbal yang bermanfaat untuk rambut.

Namun rupanya, minyak kemiri tidak hanya bermanfaat untuk rambut. Minyak kemiri juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit.

Dikutip dari laman Healthline, minyak kemiri mengandung kalsium, fosfor, kalium, zat besi, zinc, serta vitamin B1 dan B2. Selain itu, minyak kemiri juga mengandung beberapa asam lemak sehat, seperti asam linolenat, asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan asam stearat. 

Baca Juga: 5 Manfaat Air Rebusan Kemiri untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Meredakan Peradangan!

Berikut manfaat minyak kemiri untuk kesehatan kulit dan rambut.

1. Mencegah rambut rontok

Manfaat minyak kemiri yang paling populer adalah mencegah rambut rontok. kandungan antiksoksidan dan vitamin C dalam minyak kemiri mampu mencegah radikal bebas dari kandungan bahan kimia bahaya, yang bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Sementara itu, kandungan vitamin A dalam minyak kemiri dapat meningkatkan sirkulasi di kulit kepala. Vitamin E akan berperan membawa oksigen ke folikel rambut, sehingga kulit kepala mendapatkan nutrisi yang cukup. 

Hasilnya, kulit kepala bisa lebih sehat dan rambut pun tebal serta kuat.

2. Mencegah ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut lainnya yaitu untuk mencegah masalah rambut seperti ketombe. Minyak kemiri diyakini memiliki sifat antimikroba, yang mampu membantu mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.



Sumber : Kompas TV, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x