Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Status Internasional Dicabut, Bandara A. Yani Perkuat Rute Domestik

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 10:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setelah status Bandara Internasional Ahmad Yani dicabut, kini salah satu bandara andalan Jawa Tengah ini menjadi bandara domestik. Pihak bandara hanya bisa melaksanakan perintah dari pemerintah pusat sehingga saat ini fokus pada penguatan rute-rute domestik. Namun meski begitu, pihak bandara tetap berusaha untuk bisa membuka kembali rute internasional. 

Sejumlah strategi yakni penerbangan carter, serta penerbangan yang tidak terjadwal. Menurutnya, kedua strategi tersebut masih bisa dilakukan.

Jika nanti penerbangan carter banyak peminat, bisa diusulkan ke pemerintah pusat untuk bisa dibuka kembali penerbangan internasional.

"Untuk status bandara dari pemerintah pusat, Bandara Ahmad Yani sudah tidak berstatus bandara internasional. Saat ini, strateginya fokus ke penguatan rute-rute domestik, tetapi kita juga berusaha membuka rute internasional. Bisa dimulai dari carter flight. Ketika nanti pasarnya bagus, dan peminatnya banyak, bisa kita usulkan kepada pemerintah pusat untuk dibuka kembali rute internasional," tutur Baskoro Indroputro, Airport Aeronautical Manager Bandara Ahmad Yani.

Seperti diberitakan sebelumnya, status Bandara Ahmad Yani Kota Semarang dicabut dari bandara internasional ke bandara domestik. Pencabutan ini berdampak terutama bagi pariwisata dan para pelaku wisata di Jawa Tengah.

#bandaraahmadyani #statusinternasionaldicabut #ruteinternasional




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x