> >

Kim Jong-Un Balas AS-Korea Selatan dengan Latihan Perang Skala Besar, Siapkan Serangan Tanpa Ampun

Kompas dunia | 9 Maret 2024, 14:50 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengawasi latihan perang militer Korea Utara, Rabu (6/3/2024). (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un merespons latihan militer gabungan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan di Semenanjung Korea.

Korea Utara melakukan latihan perang skala besar untuk menjawab latihan militer gabungan AS-Korea Selatan.

Kim Jong-un terus menyerukan militer Korea Utara mempersiapkan serangan tanpa ampun dan cepat kepada AS dan Korea Selatan yang dianggap sebagai musuh negara.

Baca Juga: Biden Makin Frustasi Hadapi Netanyahu, Bakal Paksa Bertemu Agar Lebih Banyak Bantuan Masuk Gaza

Korea Selatan dan AS telah melakukan latihan militer gabungan “Freedom Shield”, 4 Maret lalu, yang merupakan latihan gabungan tahunan.

Korea Utara melakukan latihan artileri skala besar di sekitar pantai Barat sebagai peringatan terhadap AS-Korea Selatan.

Kim Jong-un sendiri seperti dilaporkan KCNA, Jumat (8/3/2024), mengawasi langsung latihan artileri skala besar tersebut.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Nasional Korea Utara pun mengeluarkan pernyataan atas latihan perang skala besar.

“Latihan perang skala besar dilakukan oleh negara dengan senjata nuklir terbesar dunia di Semenanjung Korea, di mana perang nulir bisa terpicu hanya karena percikan. Hal itu tak bisa disebut sebagai pertahanan,” katanya dilaporkan KCNA, dikutip dari Newsweek.

Latihan perang Korea Utara menampilkan kemampuan artileri jarak jauh yang kuat untu memperkuat pendiriannya bahwa negara itu memiliki alat pencegahan kuat terhadap ancaman yang dirasakan.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Newsweek


TERBARU