Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tol Indrapura-Kisaran Seksi II Segera Beroperasi, Waktu Tempuh Medan-Kisaran Jadi 2,5 Jam

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 14:08 WIB
tol-indrapura-kisaran-seksi-ii-segera-beroperasi-waktu-tempuh-medan-kisaran-jadi-2-5-jam
Hutama Karya dalam waktu dekat akan mengoperasikan Tol Indrapura - Kisaran Seksi II (Lima Puluh – Kisaran) sepanjang 32,15 km. (Sumber: Hutama Karya)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hutama Karya dalam waktu dekat akan mengoperasikan Tol Indrapura - Kisaran Seksi II (Lima Puluh – Kisaran) sepanjang 32,15 km.

Ruas tol tersebut merupakan sambungan dari Tol Indrapura – Kisaran Seksi I (Indrapura – Lima Puluh) dan telah dioperasikan sejak 10 November 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, dengan dioperasikannya seksi II ini, ruas Indrapura – Kisaran akan terhubung secara penuh.

Dengan demikian, kata dia, manfaat dari kehadiran ruas ini pun akan semakin nyata, khususnya terkait konektivitas antarkota.

“Dengan terhubung secara penuh, tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi hanya 2,5 jam saja dan memudahkan pelancong dari arah bandara atau sebaliknya. Sehingga mobilitas masyarakat menjadi semakin tinggi dan membuat perjalanan antarkota menjadi lebih efisien,” kata Adjib, seperti dilansir laman resmi Hutama Karya, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga: Cegah Kecelakaan karena Pengemudi Ngantuk, Hutama Karya Gelar Operasi Simpatik Microsleep

Dia menambahkan, seksi II dari tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 29 Februari hingga 31 Maret 2024 lalu.

Hasilnya, jalan tol dinyatakan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, ruas yang jadi bagian Jalan Tol Trans Sumatera ini juga telah diuji coba melalui pengoperasian secara fungsional pada Mudik Lebaran 2024 selama lebih dari 2 minggu, yaitu pada 3 – 21 April 2024.

“Antusiasme dari masyarakat yang ingin melintas sangat tinggi, dilihat dari tingginya trafik kendaraan yang melintas selama Mudik Lebaran 2024 yang dilalui hampir 100.000 kendaraan dengan nihil kecelakaan,” ujar Adjib.

Dari sisi fasilitas, kata dia, Hutama Karya telah menyiapkan 127 personel siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli, 27 kendaraan siaga, 2 (dua) interchange yang terletak di Lima Puluh dan Kisaran serta 2 (dua) rest area yang terletak di Km 145 Jalur A dan B.




Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x