Kompas TV lifestyle travel

Cegah Kecelakaan karena Pengemudi Ngantuk, Hutama Karya Gelar Operasi Simpatik Microsleep

Kompas.tv - 15 April 2024, 16:03 WIB
cegah-kecelakaan-karena-pengemudi-ngantuk-hutama-karya-gelar-operasi-simpatik-microsleep
PT Hutama Karya (Persero) menggelar Operasi Simpatik Microsleep di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), di masa arus balik Lebaran ini. (Sumber: Hutama Karya )
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Hutama Karya (Persero) menggelar Operasi Simpatik Microsleep di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), di masa arus balik Lebaran ini. 

Operasi keselamatan itu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan yang disebabkan kantuk atau kelelahan, setelah berkendara dengan jarak tempuh yang panjang.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, Operasi Simpati Microsleep dilakukan dengan membagikan makanan ringan dan kopi gratis untuk menjaga stamina para pengemudi. 

Petugas dari Hutama Karya juga melakukan pengecekan kondisi fisik pengemudi dan kendaraan.

Baca Juga: Cerita Polisi Aiptu Supriyanto Temukan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik di Toilet Rest Area Tol Lampung

“Faktor utama kecelakaan di jalan tol adalah faktor pengemudi, baik kondisi pengemudi yang mengantuk, kelelahan, tidak fokus dan sebagainya namun tetap memaksakan melanjutkan perjalanan," kata Adjib dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin (15/4/2024). 

"Di operasi simpatik ini, apabila ada pengemudi yang kedapatan mengantuk/lelah, kami akan minta untuk beristirahat terlebih dahulu di rest area selama 15-30 menit," tambahnya. 

"Selain itu pengguna jalan tol dapat menggunakan fasilitas lengkap lainnya yang tersedia di setiap rest area baik yang permanen maupun sementara,” tutur Adjib.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada puncak arus balik yang diprediksi berlangsung Senin (15/4), Hutama Karya juga menyiapkan beberapa antisipasi, meliputi :

Baca Juga: Viral Isu Seragam Sekolah SD, SMP, SMA Bakal Ganti usai Lebaran 2024, Kemendikbud Buka Suara



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x