> >

Tabung Gas Meledak di Restoran Barbeku China, 31 Tewas

Kompas dunia | 22 Juni 2023, 14:44 WIB
Tim pemadam kebakaran berjibaku memadamkan kebakaran menyusul sebuah ledakan di sebuah restoran di kawasan Yinchuan, China, Rabu (21/6/2023) malam. (Sumber: Wang Peng/Xinhua via AP)

BEIJING, KOMPAS.TV – Ledakan sebuah tabung gas yang sangat kuat di sebuah restoran barbeku di barat laut China, menewaskan 31 orang dan melukai 7 lainnya, Rabu malam (21/6/2023).

Melansir Associated Press, Kamis (22/6), ledakan terjadi pada Rabu (21/6) sekitar pukul 8.40 malam waktu setempat di sebuah ruas jalan yang sibuk di Yinchuan, ibu kota kawasan otonomi Ningxia Hui.

Kantor berita Xinhua melaporkan, jelang akhir pekan, warga berkumpul di kawasan itu jelang Festival Perahu Naga.

Ledakan itu membuat banyak orang tak sadarkan diri hingga harus dilarikan keluar dari restoran. Para korban termasuk warga lansia dan anak-anak sekolah.

Menurut Xinhua, satu jam sebelum ledakan, karyawan restoran mencium aroma gas dan menemukan adanya kerusakan pada sebuah regulator tangki gas.

Ledakan itu terjadi saat seorang karyawan tengah mengganti regulator tabung gas yang rusak.

Baca Juga: Sebuah Ledakan Terjadi di Paris, 16 Orang Jadi Korban, Tujuh di Antaranya Kritis

Insiden itu terjadi di Fuyang Barbecue, sebuah jaringan restoran di Yinchuan yang kondang dengan makanan panggang dan tumisan.

Restoran berlantai dua itu mampu menampung sekitar 20 pelanggan di lantai dasar dan menyediakan ruang makan privat di lantai dua, lengkap dengan karaoke.

Festival Perahu Naga merupakan hari libur nasional. Di hari itu, warga menyantap kue beras dan berpartisipasi dalam perlombaan perahu dayung.

Penulis : Vyara Lestari Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Associated Press


TERBARU