Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa untuk Orang yang Akan Berangkat Haji dalam Bahasa Arab dan Artinya

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 11:17 WIB
bacaan-doa-untuk-orang-yang-akan-berangkat-haji-dalam-bahasa-arab-dan-artinya
Bacaan doa untuk orang yang akan berangkat haji. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) menjadwalkan calon jemaah haji kloter pertama diberangkatkan bertahap mulai 12 Mei 2024.

Indonesia tahun ini mendapat 241.000 kuota haji. Jumlah ini terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12 - 23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei - 10 Juni 2024.

Setiap orang yang berangkat haji berharap menjadi haji yang mabrur. Makanya, salah satu doa yang selalu dipanjatkan mereka adalah mendapatkan haji mabrur. 

Melansir laman kemenag.go.id, Jumat (10/5/2024), dari sisi bahasa, al mabrur adalah isim maf’ul dari akar kata al birru. Al birru itu artinya kebaikan atau kebajikan. Dengan demikian, al hajjul mabruru artinya haji yang diberikan kebaikan dan kebajikan.

Baca Juga: Teks Khotbah Jumat 10 Mei 2024 tentang Memupuk Niat dan Semangat Pergi Haji

Dari sisi istilah, haji mabrur adalah haji yang diterima oleh Allah, kemudian berdampak pada kebaikan diri, serta bermanfaat bagi orang lain.

Oleh karenanya, mabrur tidak datang tiba-tiba, tetapi harus diusahakan, mulai dari sebelum, saat, dan setelah pelaksanaan ibadah haji.

Doa untuk Orang yang Berangkat Haji

Melansir NU Online, kerabat, sahabat, dan keluarga jemaah haji dianjurkan untuk melepas calon jemaah dengan doa Rasulullah SAW berikut ini:

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya, “Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.”

Doa ini dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika salah seorang sahabat Rasulullah SAW menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh.

Baca Juga: Cara Cek Jadwal Keberangkatan Haji Secara Online Pakai Nomor Porsi

Doa saat Berangkat Haji

1. Niat Haji




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x