> >

INASAR Akhiri Operasi Penyelamatan Gempa Turki, Kembali ke Indonesia 23 Februari

Kompas dunia | 20 Februari 2023, 10:07 WIB
Hari keempat di Hatay, tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) Basarnas kembali mengevakuasi 2 korban pasca gempa di Turki. (Sumber: Dok Humas Basarnas)

HATAY, KOMPAS.TV - Tim INASAR telah mengakhiri operasi penyelamatan gempa Turki, Minggu (18/2/2023), setelah delapan hari bertugas.

Tim yang berisi 48 personel tersebut akan kembali ke Indonesia pada Kamis (23/2/2023). Demikian laporan jurnalis Kompas TV Cindy Permadi di Turki.

Menurut Ketua Tim INASAR, Yopi Haryadi, demobilisasi ini dilakukan berdasarkan hasil koordinasi INASAR dengan USAR Internasional dan Lembaga Penanggulangan Bencana Turki (AFAD).

Ia mengatakan berdasarkan rapat koordinasi ditentukan, 4 sektor pelaksanaan operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) akan diselesaikan pada Minggu.

Baca Juga: 2 Pekan Gempa Turki-Suriah, Korban Jiwa Lebih dari 46.000 Jiwa, Upaya Pencarian Mulai Berkurang

“Jadi kami dari hasil rapat kordinasi antara tim USAR Internasional dengan otoritas setempat, yaitu AFAD bahwa hari ini untuk 4 sektor pelaksanaan operasi SAR termasuk juga tim USAR internasional di situ termasuk Indonesia diselesaikan pada hari ini,” katanya kepada tim Kompas TV di Turki.

“Untuk fase USAR internasional hari ini akan ditutup sementara. Untuk koordinasinya sendiri di sisi akan shutdown atau close pada besok pagi,” katanya.

Yopi mengatakan berdasarkan evaluasinya, otoritas setempat sangat membantu dan bagus dalam koordinasi serta juga berterus terang.

 

Ia juga memuji bantuan yang diberikan masyarakat setempat.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU