Kompas TV internasional kompas dunia

2 Pekan Gempa Turki-Suriah, Korban Jiwa Lebih dari 46.000 Jiwa, Upaya Pencarian Mulai Berkurang

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 05:46 WIB
2-pekan-gempa-turki-suriah-korban-jiwa-lebih-dari-46-000-jiwa-upaya-pencarian-mulai-berkurang
Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) yang bertugas di area kerja (worksite) 17 kawasan Antakia, Provinsi Hatay, Turki (Sumber: Dok Inasar Basarnas)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

ANTAKYA, KOMPAS.TV - Setelah 2 pekan gempa hebat melanda Turki dan Suriah, jumlah korban yang tercatat sudah lebih dari 46.000 orang. Namun, tim SAR gabungan mulai mengurangi upaya pencarian korban. 

Oleh karena itu, banyak warga di Turki kini hanya bisa mendoakan kerabat mereka yang belum ditemukan.

Operator buldoser Akin Bozkurt mengatakan, dia berusaha mencari jenazah untuk diserahkan kepada pihak keluarga. "Mereka ingin melakukan upacara pemakaman," kata dia seperti dikutip dari Antara, Minggu (19/2/2023). 

Baca Juga: Dua WNI yang Hilang dalam Gempa Turki Ditemukan Meninggal Dunia

Dalam ajaran Islam, jenazah harus segera dimakamkan sesegera mungkin. Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Darurat dan Bencana Turki (AFAD) Yunus Sezer mengatakan, sebagian besar upaya penyelamatan akan diakhiri pada Minggu malam.

Angka kematian diperkirakan akan meningkat. Lantaran sekitar 345.000 apartemen di negara itu diketahui telah hancur dan masih banyak orang belum ditemukan.


 

Sedangkan pemerintah Turki dan Suriah sama-sama tidak menyebutkan berapa banyak orang yang menjadi korban dalam bencana tersebut.

Dalam salah satu upaya penyelamatan di Antakya, Turki selatan, Sabtu (18/2) malam, petugas menyingkirkan puing-puing dengan tangan.

Baca Juga: Keajaiban Gempa Turki Berlanjut, 3 Orang Ditarik Keluar Hidup-Hidup usai 11 Hari di Bawah Reruntuhan



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x