Kompas TV nasional hukum

Beli Lukisan Rp250 Juta Pakai Uang Kementan, SYL: Siapa yang Suruh Bawa ke Gedung Partai Nasdem?

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 11:10 WIB
beli-lukisan-rp250-juta-pakai-uang-kementan-syl-siapa-yang-suruh-bawa-ke-gedung-partai-nasdem
Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di sidang lanjutan perkara dugaan pemerasan dan gratifikasi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL membantah ada pembelian lukisan karya penyandang disabilitas di acara amal senilai Rp250 juta menggunakan uang Kementerian Pertanian (Kementan).

SYL mengaku tidak mengetahui mengenai lukisan tersebut. Ia pun mempertanyakan mengapa lukisan tersebut tidak dibawa ke Kementan, melainkan ditaruh di kantor Nasdem.

"Lukisan itu saya sampai detik ini tidak tahu seperti apa. Kalau Kementan beli, kenapa tidak dibawa ke Kementan. Siapa yang suruh dibawa ke Gedung Partai Nasdem?" kata SYL menanggapi kesaksian Joice Triatman di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Baca Juga: Terungkap, SYL dan Istri Beli Serum Wajah dari Jepang Pakai Uang Kementan, Segini Harganya

Karena itu, SYL kemudian menolak kesaksian Staf Khusus Mentan era SYL dan Wakil Bendahara Umum Partai NasDem Joice Triatman tersebut.

Diketahui, Joice menyampaikan adanya pembelian lukisan menggunakan uang Kementan dan pernyataan Joice yang pernah melihat lukisan itu, namun tidak mengetahui saat ini ada di mana.

Adapun dalam persidangan yang sama, Joice mengaku mendapatkan arahan dari SYL untuk menyerahkan lukisan karya penyandang disabilitas di acara amal ke Partai NasDem.

"Lukisan dikirimkan oleh panitia acara ke Gedung Partai NasDem di NasDem Tower, Gondangdia," ujar Joice saat menjadi saksi.

Ia menyebutkan uang pembelian lukisan itu didapat dari Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi sebanyak dua kali, yakni Rp175 juta dan Rp75 juta. Setelah mendapatkan uang tersebut, Joice menyerahkan kepada panitia acara amal.

Baca Juga: SYL Ngaku Punya Utang Budi dengan Orang Tua Nayunda: Jika Diminta Bantu, Saya Merasa ada Jasa Ibunya

"Saya pernah lihat lukisannya pada saat acara saja dan dikirim ke Gedung NasDem, karena dalam acara itu saya merupakan master ceremony (MC), setelah itu saya tidak tahu lagi," ucapnya menambahkan.


Dalam perkara tersebut, SYL didakwa melakukan pemerasan serta menerima gratifikasi dengan total Rp44,5 miliar dalam kasus dugaan korupsi di Kementan dalam rentang waktu 2020 hingga 2023.

Pemerasan dilakukan bersama Sekretaris Jenderal Kementan periode 2021–2023 Kasdi Subagyono serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Tahun 2023 Muhammad Hatta, yang juga menjadi terdakwa.

Adapun keduanya merupakan koordinator pengumpulan uang dari para pejabat eselon I dan jajarannya, antara lain untuk membayarkan kebutuhan pribadi SYL.

Atas perbuatannya, SYL didakwa melanggar Pasal 12 huruf e dan Pasal 12 huruf B juncto Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Baca Juga: Pedangdut Nayunda Nabila Ceritakan Awal Perkenalan dengan SYL: Kirim Stiker WA sampai Diajak Makan

 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x