> >

Kian Panas, Australia Tuduh Jet Tempur China Mencegat Pesawatnya dengan Manuver Berbahaya

Kompas dunia | 5 Juni 2022, 14:28 WIB
Ilustrasi Jet Tempur. (Sumber: Kompas.com/Thinkstock)

CANBERRA, KOMPAS.TV - Departemen Pertahanan Australia menuduh jet tempur China telah mencegat pesawatnya dengan manuver berbahaya.

Mereka mengungkapkan pada Minggu (5/6/2022), jet tempur China mencegat pesawat pengintai militer Australia di Laut China Selatan, Mei lalu.

Departemen Pertahanan Australia mengungkapkan pesawat pengintai maritime P-8, dicegat jet tempur J-16 saat melakukan aktivitas pengintaian maritime rutin.

Pihak Australia menegaskan aktivitas itu mereka lakukan di area udara internasional Laut China Selatan pada 26 Mei lalu.

Baca Juga: Kebakaran Depot Kontainer di Bangladesh, 28 Tewas dan Lebih dari 100 Terluka

“Pencegatan itu dihasilkan dari muver berbahaya yang memberikan ancaman keselamatan pada pesawat P-8 dan krunya,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Australia dilansir dari Al-Jazeera.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese mengungkapkan pemerintahnya telah mengungkapkan keprihatiannya ke China melalui saluran yang sesuai.

Hingga saat ini masih belum ada komentar dari Kedutaan Besar China di Australia terkait masalah tersebut.

Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles mengungkapkan pada insiden 25 Mei itu, het tempur China terbang sangat dekat dengan bagian depan pesawat Australia.

Ia mengungkapkan jet tempur China melepaskan seikat sekam, yang berisi potongan-potongan kecil alumunium yang tertelan ke dalam mesin pesawat Australia.

Penulis : Haryo Jati Editor : Purwanto

Sumber : Al-Jazeera


TERBARU