> >

Mantan Mata-Mata Rusia: Putin Tak akan Menang di Ukraina meski Rebut Donbas

Krisis rusia ukraina | 20 Mei 2022, 17:53 WIB
Unit kendaraan tempur Rusia bergerak di wilayah yang dikuasai separatis Donbass di dekat Mariupol, Ukraina, Senin, 18 April 2022. (Sumber: Alexei Alexandrov/Associated Press)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Mantan mata-mata Rusia berpendapat Presiden Rusia Vladimir Putin tak akan menang di Ukraina meski berhasil merebut Donbas di Ukraina timur.

Hal itu diungkapkan oleh mantan agen Badan Keamanan Rusia (FSB), Igor Girkin.

Girkin yang memimpin peperangan di Donbas dan aneksasi Krimea pada 2014, mengecam penyerangan Rusia ke Ukraina yang diperintahkan Putin.

Girkin mengungkapkan, penyerangan untuk merebut Donbas akan membuat Rusia kehilangan banyak tentara untuk bertahan di garis depan.

Baca Juga: Mencengangkan, Pria Ukraina Ini Selamat usai Ditembak dan Dikubur Hidup-Hidup Tentara Rusia

Ia pun menegaskan, rakyat Ukraina yang memperkuat barisan dan mendapatkan tambahan senjata, akan melakukan serangan balik.

Menurutnya, hal itu akan membuat pasukan Rusia harus mundur bahkan harus ke perbatasan mereka.

Namun, meski tanpa adanya serangan balik, Rusia akan dihadapkan dengan prospek mempertahankan garis depan yang panjang untuk menghadapi perlawanan pasukan Ukraina bersenjata lengkap dan menolak menyerah.

Apalagi Rusia mengalami masalah ekonomi karena sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) dan Barat.

Girkin pun memiliki pendapat yang sama dengan para analis dan ahli Barat, bahwa Putin sudah kalah perang ketika ia gagal menduduki Kiev.

Penulis : Haryo Jati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Daily Mail


TERBARU