> >

Dua Ramuan Herbal Penurun Demam Anak dari Bahan Rumahan, Pengganti Obat Sirop

Tips, trik, dan tutorial | 22 Oktober 2022, 09:35 WIB
Ilustrasi. Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) merekomendasikan dua ramuan herbal penurun demam dan pereda batuk pilek yang cocok untuk anak. Ramuan herbal ini dibuat dari bahan-bahan rumahan yang murah.  (Sumber: Pixabay)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menginstruksikan tenaga kesehatan untuk tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk cair atau sirop untuk sementara waktu.

Selain itu, Kemenkes meminta apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas maupun obat bebas terbatas dalam bentuk cair atau sirop.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi meningkatnya kasus gangguan gagal ginjal akut atau acute kidney injury (AKI) pada anak yang diduga disebabkan oleh bahan pelarut, dietilen glikol dan etilen glikol.

Baca Juga: 7 Bahan Herbal Pengobat Asam Urat yang Tersedia di Dapur

Sebagai alternatif, Kemenkes dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan penggunaan bentuk sediaan lain seperti tablet yang digerus menjadi puyer, kapsul, anal suppositoria, atau lainnya, sebagai praktik penyembuhan penurun panas dan pereda batuk pilek pada anak. 

Namun tidak semua obat dapat dihancurkan dan dijadikan puyer. 

Sebagai alternatif, Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) merekomendasikan dua ramuan herbal yang cocok untuk anak dengan bahan rumahan yang murah. 

Dua ramuan herbal tersebut yakni sirop madu bawang jahe dan susu kunyit. 

Baca Juga: Ramuan Herbal Mak Erot Tercatat Di Dinas Kesehatan

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU