Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

7 Bahan Herbal Pengobat Asam Urat yang Tersedia di Dapur

Kompas.tv - Diperbarui 29 Januari 2022, 09:00 WIB
7-bahan-herbal-pengobat-asam-urat-yang-tersedia-di-dapur
Ilustrasi. Berikut 7 bahan herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi, pun cukup mudah didapatkan. (Sumber: Freepik/stockking)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asam urat dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, khususnya yang sudah menginjak usia 30 tahun. Saat kambuh, penyakit asam urat cukup mengganggu aktivitas.

Meningkatnya kadar asam urat pada tubuh ditandai dengan bengkak dan nyeri pada satu bagian tubuh tertentu.

Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki. 

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Ada beberapa faktor pemicu meningkatnya asam urat di dalam tubuh, salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Baca Juga: Tinggi Purin, Ini 4 Makanan Pantangan Asam Urat

Beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju.

Biasanya penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal.

Ada sejumlah bahan herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi, pun cukup mudah didapatkan.

Bahkan, ramuan-ramuan herbal pengobat asam urat ini dapat diproduksi di rumah. Bahannya juga cukup mudah didapatkan di dapur.

Berikut 7 bahan herbal pengobat asam urat:

1. Kayu manis 

Mengutip Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol.5 No. 1, kayu manis mengandung segudang senyawa aktif.  Ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan flavonoid.

Senyawa tersebut berperan untuk menghambat produksi asam urat dalam tubuh. 

Cara mengolahnya cukup mudah. Siapkan 1 buah kayu manis, jahe merah 15 gram, kapulaga 5 butir, bunga cengkeh 5 gram, daun sosor bebek 4 lembar, dan air 600 ml.   

Masukkan seluruh bahan tersebut ke dalam air lalu rebus sampai mendidih hingga tersisa sekitar 300 ml. Minum obat herbal tersebut satu kali sehari selagi hangat. 

2. Kunyit 

Melansir dari Nakita.Grid.id, kandungan kurkumin pada kunyit efektif meredakan asam urat. 

Seduh satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air hangat. Minum air kunyit tersebut dua kali sehari.

Opsi lainnya, masukkan 250 mg bubuk kunyit ke dalam kapsul, kemudian minum kapsul kunyit tersebut tiga kali sehari. 

3. Bawang putih 



Sumber : Kontan.co.id

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.