Kompas TV regional berita daerah

Ramuan Herbal Mak Erot Tercatat Di Dinas Kesehatan

Kamis, 29 September 2022 | 15:55 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi


SUKABUMI.KOMPAS.TV - Hindari praktik abal-abal pengobatan tradisional kebugaran Mak Erot yang telah menjadi budya di Kampung Cigadok, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kini dari keturunan anak bungsu Mak Erot, Haji Nahrudin, membuat silsilah keturunan dari Mak Erot dan ramuan obat herbal juga tercatat di Dinas Kesehatan. 

Tepatnya di rumah anak bungsu Mak Erot bernama Haji Nahrudin, Papan silsilah keturunan Mak Erot ahli pengobatan tradisional sengaja dibuat. Putra Putri Mak Erot memiliki 5 orang laki laki dan 2 perempuan. Hampir semua mewariskan kemampuan pengobatan tradisional Mak Erot hingga kepada cucu-cucunya.

Untuk meneruskan terapi Mak Erot ternyata tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada tata cara yang harus dijalani keluarga untuk menjadi penerus yang paripurna.

Anak terakhir dari Mak Erot yakni Haji Nahrudin, sejak dibukanya praktek pengobatan kebugaran, mengaku telah menerima ribuan pasien dengan berbagai keluhan.

Nahrudin anak ke tujuh ini. tetap memberikan pengobatannya dengan cara menggunakan pijat simpul saraf, dimana ilmu pengobatan yang bersumber dari leluhur, khasanah budaya lokal.

Nahrudin mengungkapkan tidak ada bahan kimia apalagi suntikan saat proses pengobatan. Karena, sejak mewarisi kemampuan untuk membantu konsumen yang datang, dirinya hanya mengandalkan ramuan tradisional yang turun temurun. Mulai dari buah terong mini, rempah-rempah, ketan hitam, air jamu yang telah di olah dengan cara tradisional, tanpa bahan pengawet.

Semua ramuan tersebut dianggap obat herbal dan tercatat di Dinas Kesehatan. Namun tidak diperjual belikan, karena ramuan tersebut, langsung dibuat untuk para pasien yang datang.

Ritual berupa doa dan puasa itulah yang menjadi ilmu terapi Mak Erot sempurna. terapi abal-abal yang mengatasnamakan Mak Erot tidak bisa meniru hal tersebut.

Nahrudin, sejak membuka pengobatan ini sudah mencapai ribuan pasien yang datang ke rumahnya. banyak diantaranya pasien dari pengobatan abal-abal, yang akhirnya bisa sembuh kembali. karena Nahrudin memastikan seluruh prosesi dipastikan sama dengan yang dilakukan oleh Mak Erot.

Selain di Sukabumi, Haji Nahrudin juga membuka cabang pengobatan bagi konsumen yang terlalu jauh datang dari Jakarta yakni di Kampung Rambutan Jakarta Timur jalan SMP 188 No. 2 RT. 3 RW. 4 Kecamatan Ciracas.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x