Kompas TV pendidikan kampus

Pendaftaran Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024 Dibuka, Biaya Pendidikan tanpa Uang Pangkal

Kompas.tv - 27 April 2024, 07:05 WIB
pendaftaran-seleksi-mandiri-beasiswa-its-2024-dibuka-biaya-pendidikan-tanpa-uang-pangkal
Gedung rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). (Sumber: Dok. ITS)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seleksi Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2024 jalur beasiswa dibuka 23 April hingga 31 Mei 2024.

Melansir laman resminya, Jumat (26/4/2024), tahun ini, ITS membuka tiga jalur Seleksi Mandiri, yaitu Seleksi Mandiri Beasiswa, Seleksi Mandiri Umum, dan Seleksi Mandiri Kemitraan.

Seleksi Mandiri Beasiswa diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan mempunyai prestasi akademik dan non-akademik.

Sementara itu, Seleksi Mandiri Umum diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Adapun Seleksi Mandiri Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan rekomendasi instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/ Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS, ditunjukkan dengan adanya Perjanjian Kerja Sama.

Baca Juga: Tata Tertib UTBK SNBT 2024: Ketentuan Pakaian dan Dokumen yang Harus Dibawa

Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024 Tanpa Uang Pangkal

Seleksi masuk ITS Program Sarjana dan Sarjana Terapan ini menggunakan nilai rapor dan didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik .

Jalur ini memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024) dengan tujuan menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan membuka kesempatan berupa altenatif seleksi dengan menggunakan nilai prestasi yang sudah dimiliki dengan beasiswa KIP Kuliah atau beasiswa pembebasan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dari Dana Abadi ITS.

Biaya pendidikan mahasiswa baru yang diterima melalui Seleksi Mandiri Beasiswa menggunakan satu komponen biaya, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT), tanpa Iuran Pengembangan Institusi (IPI) atau uang pangkal.

Penerimaan Mahasiswa Baru ITS melalui Seleksi Mandiri Beasiswa tahun 2024 dibuka pada semua program studi yang terbagi dalam 8 fakultas. Peserta seleksi dapat memilih langsung program studi yang diminati, dengan maksimal 2 pilihan program studi.

Syarat Daftar Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024

Persyaratan peserta Seleksi Mandiri Beasiswa 2024 sebagai berikut:

  • Membuat/memiliki Akun myITS Admission;
  • Warga Negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  • Lulus SMA/MA/SMK/sederajat atau peserta didik Paket C tahun 2024, 2023, atau 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024);
  • Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2024 dan mengikuti ketentuan dan pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS, termasuk memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Khusus peminat program studi S1 Desain Produk Industri, S1 Desain Komunikasi Visual, dan S1 Desain Interior diharuskan mengunggah Portofolio Desain saat pendaftaran.

Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri Beasiswa ITS 2024

  • Pendaftaran: 23 April – 31 Mei 2024
  • Pengumuman: 15 Juni 2024
  • Daftar Ulang: Akan diumumkan saat Pengumuman
  • Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Jadwal Ujian Mandiri UM 2024, Ada 6 Jalur Seleksi, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Tata Cara Pendaftaran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x