> >

Blackpink Peluk Bayi Panda, Netizen Cina Protes Keras!

Selebriti | 13 November 2020, 23:08 WIB
Grup K-pop Blackpink. (Sumber: AP Photo)

BEIJING, KOMPAS.TV – Sebuah video yang mempertunjukkan grup K-pop asal Korea Selatan, Blackpink, tengah memeluk seekor bayi panda telah memicu aksi kecaman dan protes dari netizen Cina. Beberapa netizen bahkan mendesak Blackpink untuk meminta maaf.

Seperti dikutip dari nytimes.com, Blackpink yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa (nama asli Ji-soo Kim, Jennie Kim, Roseanne Park dan Lalisa Manoban) merekam video aktivitas mereka untuk kepentingan publisitas Blackpink dalam pertunjukan daring “24/365 bersama Blackpink” bersama Fu Bao, si bayi panda di Kebun Binatang Everland di Yongin, Korea Selatan.

Namun, bukannya beroleh pujian, video ini justru menuai kecaman dari netizen Cina yang menganggap Blackpink telah salah memperlakukan panda. Blackpink dituding telah mempertaruhkan keselamatan Fu Bao.

Baca Juga: Sutradara Light Up the Sky Beberkan Kelakuan Konyol Member BLACKPINK

Tensi kemarahan netizen Cina kian memanas setelah Asosiasi Konservasi Kehidupan Liar Cina (CWCA) mengumumkan telah mengirim surat secara resmi ke pihak Kebun Binatang Everland – yang memelihara panda pinjaman dari Cina – untuk meminta pihak kebun binatang berhenti mengijinkan non-profesional untuk mengadakan kontak dengan bayi panda.

Lebih lanjut, pihak CWCA menyebut, hanya para profesional terlatih, yang mengenakan sarung tangan, masker dan perlengkapan pelindung lain, yang boleh menangani panda, yang termasuk dalam kategori hewan yang terancam punah. Pihak kebun bintang juga diminta untuk memperbaiki manajemen mereka untuk memastikan insiden serupa tak terulang lagi.

Baca Juga: Gara-gara Terbawa Suasana dengan Jisoo di Running Man, Jeon So Min Banjir Hujatan Fans BLACKPINK

Netizen di Weibo – Twitter versi Cina – bahkan mengungkapkan keterkejutannya lantaran para anggota Blackpink yang mengenakan make-up menyentuh Fu Bao dan menyentuh moncong seekor panda dewasa – yang disebut-sebut sebagai ibu Fu Bao – tanpa mengenakan sarung tangan.  

Di Weibo, tagar artis Korea yang salah memperlakukan bayi panda telah dilihat jutaan kali dan menuai puluhan ribu komentar.

Dalam kolom komentar sebuah posting menyoal kontroversi ini, para pengguna media sosial bahkan menyerukan agar Blackpink dan manajemennya meminta maaf. Mereka juga menuntut penjelasan dari pihak kebun binatang.

Penulis : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU