> >

Di Depan Para Santri, Erick Thohir Sebut BUMN Cuan Rp90 Triliun karena Transformasi

Bumn | 12 Mei 2022, 11:03 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menggelar pasar murah sembako di Kampus Perguruan Mathlaul Anwar di Menes Pandeglang untuk meringankan beban ekonomi masyarakat (11/5/2022). (Sumber: Antara)

PANDEGLANG, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, keuntungan yang diraih seluruh BUMN dalam 2 tahun terakhir, mencapai Rp90 triliun. Kinerja itu berhasil dicapai setelah BUMN melakukan transformasi.

Sehingga yang tadinya keuntungan BUMN hanya Rp13 triliun, bisa meningkat berkali-kali lipat. Hal tersebut disampaikan Erick dalam acara halal bi halal bersama Santri di Pondok Pesantren Mathlal'ul Anwar Menes, Kabupaten Pandeglang, Rabu (11/5/2022).

"Keuntungan sebesar itu tentu dikembalikan lagi ke negara untuk mendukung program-program pemerintah," kata Erick dikutip dari Antara, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Menteri BUMN Turun Langsung Gelar Operasi Pasar Murah

Menurut Erick keuntungan besar yang diraih BUMN lantaran keuangan perusahaan yang sehat. Serta para pegawai BUMN yang bekerja dengan mengutamakan akhlak atau perilaku baik.

Ia menilai, kekayaan tanpa akhlak akan menimbulkan kerakusan. Begitu juga sebaliknya, kepintaran tanpa akhlak akan menimbulkan kesombongan.

Sebelumnya, sebagai pedoman transformasi BUMN, Kementerian BUMN membuat prinsip AKHLAK. Yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Dengan bekerja keras dan sehat, berakhlak maka terbukti BUMN dapat meraup keuntungan hingga mencapai Rp90 triliun," ujar Erick.

Baca Juga: Disebut Minati Bisnis Nikel Bahan Baterai Mobil Listrik, Elon Musk Kirim Tim ke Indonesia

Ia menambahkan, BUMN tidak semata mengejar keuntungan. BUMN juga punya tugas untuk membantu masyarakat. Di antaranya dengan menggelontorkan 1.300 masker oleh Kimia Farma, saat harga masker mahal dan langka saat awal pandemi Covid-19.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU