Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Disebut Minati Bisnis Nikel Bahan Baterai Mobil Listrik, Elon Musk Kirim Tim ke Indonesia

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 14:20 WIB
disebut-minati-bisnis-nikel-bahan-baterai-mobil-listrik-elon-musk-kirim-tim-ke-indonesia
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan Bos Tesla Elon Musik di Amerika Serikat (26/4/2022). (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Tesla dan Tim Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi bertemu untuk menindaklanjuti pertemuan antara Menteri Luhut Binsar Pandjaitan dan Bos Tesla Elon Musik. Juru Bicara Kementerian Jodi Mahardi menyatakan, Elon Musk telah mengirimkan timnya ke Indonesia.

Kedua pihak membahas potensi investasi Tesla di bidang pengembangan kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia. Seperti diketahui, Tesla adalah pabrikan mobil listrik dan pemerintah Indonesia kini tengah gencar mengembangkan ekosistem mobil listrik.

"Pak Menko Marves dalam pertemuan menjelaskan kepada Elon Musk bahwa Indonesia bisa memenuhi kebutuhan nikel dengan standar environmental, social, and governance (ESG) yang tinggi, terutama dari aspek lingkungan dan emisi karbon," kata Jodi seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/5/2022).

Baca Juga: Luhut Sebut Jokowi akan Bertemu Elon Musk, Kerja Sama dengan Tesla Lanjut?

"Sebagai follow up, Tesla sudah mengirimkan enam orang tim dari Tesla yang berkunjung ke Indonesia dan melakukan pembahasan-pembahasan yang terkait," tambahnya.

Nikel sendiri adalah bahan utama pembuatan baterai untuk kendaraan listrik. Jodi mengatakan, penjajakan kerja sama dengan Tesla sebagai bagian kemudahan investasi yang diberikan pemerintah Indonesia, lewat Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Pemerintah juga menjamin investasi tidak akan merusak lingkungan.Hal itu sudah dilakukan selama beberapa tahun terakhir.

"Perbaikan regulasi yang mendorong kemudahan investasi ini dilaksanakan melalui risk-based assessment sehingga tidak akan mengorbankan aspek lingkungan," tutur Jodi.

Sebelumnya, Luhut menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk, di Amerika Serikat.

Baca Juga: 947 Mobil Tesla di AS Ditarik karena Masalah Kamera Belakang

Pertemuan itu berlangsung di sela kunjungan Kepala Negara ke negeri Paman Sam dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS.

Namun ia belum bisa memastikan di mana lokasi pertemuan antara Jokowi dan Elon Musk akan berlangsung karena hal itu sedang diatur.

"Oh ya ketemu (Elon Musk). Kita lagi atur ketemuannya mau di mana," ucap Luhut seperti diberitakan Kompas TV, Senin (9/5/2022).

Luhut juga mengatakan pihaknya saat ini tengah membahas sejumlah kerja sama dengan perwakilan Tesla di kantornya. Tim dari Tesla disebut akan melakukan peninjauan ke Morowali, Selasa besok.

Baca Juga: Saat Elon Musk Diomeli Ibunya Gara-Gara Bilang Begini!

Luhut mengatakan pihak Tesla puas dengan kunjungan yang mereka lakukan di Indonesia. 

"Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara, tadi makan siang, nanti makan malam, besok ke lapangan tinjau ke Morowali, ke mana-mana. Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini," tambah Luhut.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x