Kompas TV internasional kompas dunia

947 Mobil Tesla di AS Ditarik karena Masalah Kamera Belakang

Kompas.tv - 26 Maret 2022, 12:29 WIB
947-mobil-tesla-di-as-ditarik-karena-masalah-kamera-belakang
Ilustrasi mobil Tesla Model S P100D yang dipajang di IIMS 2017. Tesla Model S, Model X, dan Model 3 mengalami penarikan di Amerika Serikat (AS) karena mengalami masalah di bagian kamera belakangnya. (Sumber: Kompas Otomotif/Donny Apriliananda)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 947 mobil di Amerika Serikat (AS) ditarik kembali oleh Tesla, perusahaan otomotif milik Elon Musk.

Menurut informasi dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA), alasan penarikan karena mobil-mobil Tesla itu terindikasi mengalami kesalahan fungsi kamera belakang.

Adapun mobil Tesla yang dimaksud oleh NHTSA adalah Model S, Model X, dan Model 3 keluaran 2018-2019 yang memiliki fitur Autopilot Computer 2.5 serta operasional rilis firmware tertentu.

Melansir New York Post, Jumat (25/3/2022), kesalahan fungsi kamera belakang itu berupa tertundanya proses penampilan gambar saat mobil melaju mundur.

Baca Juga: Tak Mau Didikte Tesla, Luhut: Indonesia Bukan Republik Pisang

Karena hal tersebut tidak sesuai dengan standar keselamatan NHTSA, maka Tesla pun menarik mobil-mobil yang bermasalah itu dan segera mengatasinya dengan update software over-the-air.

Lebih lanjut, NHTSA menjelaskan, masalah gambar hasil kamera belakang mobil Tesla itu tentu dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Sebagai informasi, meski persoalan kamera belakang ini baru pertama kali terjadi, nyatanya Tesla sudah beberapa kali mengalami kendala perangkat lunak yang menyebabkan penarikan mobilnya.

Misalnya, pada akhir tahun lalu tepatnya 19 Desember 2021, Tesla sempat memperkenalkan fitur firmware ke sejumlah kendaraannya.

Baca Juga: Aset Indra Kenz dari Mobil Tesla, Ferrari hingga Rumah Mewah Disita, Polisi Terus Lacak Lainnya

Namun, pada 18 Maret 2022, mobil Tesla Model 3 yang menggunakan teknologi firmware itu mesti ditarik kembali karena terjadi reset komputer dengan tingkat abnormal.

Menyusul masalah itu, Tesla mengatakan "pada pekan berikutnya, investigasi teknis terhadap kondisi tersebut menemukan adanya kesalahan perangkat lunak sebagai penyebab potensial untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut."

Tesla telah melakukan pembicaraan dengan NHTSA untuk membahas keluhan konsumen yang mengeluhkan kamera belakang mobil tidak atau tertunda dalam menampilkan gambar.

Terkait keluhan tersebut, sejak awal Februari lalu, sejumlah pengujian telah dilakukan

Tesla mengaku, setiap mobilnya telah melalui proses pengujian secara ketat, namun masalah seperti itu memang sangat mungkin terjadi.

Sehingga, Tesla dengan penuh tanggung jawab akan menarik mobil-mobil yang bermasalah itu dan mengatasi masalahnya.

Tesla mengatakan, "meskipun tidak menemukan adanya ketidakpatuhan dalam pengujian-pengujian yang Tesla lakukan, keputusan untuk penarikan dibuat karena kehati-hatian yang tinggi untuk mengenali adanya potensi ketidakpatuhan dalam kendaraan-kendaraan yang terkena dampak."




Sumber : New York Post


BERITA LAINNYA



Close Ads x