> >

Dalam Waktu Dekat, Tol Serpong-Cinere Tak Lagi Gratis, Segini Tarifnya

Ekonomi dan bisnis | 26 Mei 2021, 13:05 WIB
Gerbang Tol Pamulang bagian dari Tol Serpong-Cinere (Sumber: Instagram @officialserpongcinere)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dalam waktu dekat, Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 (Serpong – Pamulang) akan dikenakan tarif. Lantaran sejak dibuka 1 April lalu, tol tersebut masih digratiskan hingga saat ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat.

Mengutip dari akun instagram PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selalu pengelola Tol Serpong - Cinere, @officialserpongcinere, berikut tarif yang akan diterapkan pada ruas Serpong – Pamulang:

Golongan I: Rp 11.000
Golongan II: Rp 16.500
Golongan III: Rp 16.500
Golongan IV: Rp 22.000
Golongan V: Rp 22.000

Besaran tarif tersebut, ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 592/KPTS/M/2021.

Baca Juga: Dua Bulan Dioperasionalkan Tanpa Tarif, Tol Serpong-Cinere Dilintasi Setengah Juta Kendaraan

Sejak dioperasikan hampir 2 bulan lalu, Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang sudah dilintasi oleh lebih dari setengah juta kendaraan. Yaitu tepatnya 525.000 kendaraan melewati ruas tol ini, setelah dibuka selama 51 hari. Trafik kendaraan itu tercatat hingga Minggu 23 Mei lalu.

PT CSJ mencatat Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 10.264 kendaraan. LHR tertinggi tercatat pada Hari Raya Idul Fitri, 13 Mei 2021 yakni sebanyak 13.209 kendaraan. Menurut Ayu, LHR tersebut masih dibawah target.

"Hal ini dimaklumi karena Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang yang telah diresmikan dan dioperasikan hanya bisa diakses hingga GT Pamulang, belum dapat tembus menuju Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago)," ujar Ayu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/05/2021).

Penyebab lainnya, lanjut Ayu, adalah pengendalian transportasi di jalan tol dalam rangka pengetatan dan peniadaan mudik.

Baca Juga: Ganti Rugi Tanah Masyarakat Terdampak Proyek Tol Yogyakarta-Solo Masih Terus Berlanjut

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU