Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dua Bulan Dioperasionalkan Tanpa Tarif, Tol Serpong-Cinere Dilintasi Setengah Juta Kendaraan

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 16:38 WIB
dua-bulan-dioperasionalkan-tanpa-tarif-tol-serpong-cinere-dilintasi-setengah-juta-kendaraan
Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang, (01/04/2021) (Sumber: Biro Pers Setpres )
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Lalulintas harian rata-rata Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang mencapai sepuluh ribu kendaraan selama hampir dua bulan dioperasionalkan tanpa tarif.

Total kendaraan yang melintasi ruas tol ini sekitar 525 ribu dalam 51 hari. Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Ayu Widya Kiswari mengatakan, catatan traffic kendaraan itu terhutung hingga Ahad 23 Mei lalu. Ruas tol tersebut saat ini masih dibuka tanpa tarif alias gratis.

“Perhitungan tersebut didominasi oleh kendaraan golongan I yaitu sekitar 97 persen dari total seluruh kendaraan yang melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang,” kata Ayu dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (25/05/2021).

Baca Juga: Tunjang Bandara Kediri, Jalan Tol Kediri - Kertosono Segera Dibangun

PT CSJ yang merupakan anak usaha Jasa Marga bidang pengelolaan ruas tol, mencatat lalulintas terpadat di ruas tol ini pada Hari Raya Idul Fitri yakni sebanyak 13.209 kendaraan. Sedangkan rata-rata dalam sehari kendaraan yang melintasi jalan tol itu sebanyak 10.264 kendaraan.

Menurut Ayu, jumlah kendaraan yang melintas tersebut masih di bawah target.

"Hal ini dimaklumi karena Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang yang telah diresmikan dan dioperasikan hanya bisa diakses hingga GT Pamulang, belum dapat tembus menuju Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago)," ujar Ayu.

Penyebab lainnya, lanjut Ayu, adalah pengendalian transportasi di jalan tol dalam rangka pengetatan dan peniadaan mudik.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang menuju Jalan Tol Cijago melalui akses Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang, dapat keluar di GT Pamulang. Kemudian melanjutkan perjalanan via jalan nasional/arteri dan masuk kembali ke jalan tol melalui GT Kukusan Jalan Tol Cijago.

Baca Juga: Satgas Temukan 23 Pemudik Positif Covid-19 di Titik Penyekatan Tol Cikampek

"Kami optimistis ke depannya, jika jalan tol ini sudah menerus hingga Jalan Tol Cijago, target lalulintas dapat tercapai, karena akan memudahkan pengguna jalan yang berasal dari Serpong, Pamulang dan sekitarnya menuju Cinere, Bogor, Ciawi dan sekitarnya melalui Jalan Tol Cijago dan Jalan Tol Jagorawi," ungkapnya.

Tol Serpong–Cinere Seksi I diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 1 April lalu. Dengan hadirnya jalan tol ini, warga Depok dan sekitarnya yang ingin menuju Bandara Soekarno-Hatta, akan jadi lebih cepat dengan lewat Tol Serpong–Cinere ruas Pamulang-Serpong.

Tol Serpong–Cinere merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road II. Melalui Tol JORR II ini, jarak Depok ke Bandara Soekarno-Hatta hanya sekitar 40 km, sehingga bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit atau setengah jam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x