Kompas TV advertorial

Peringati HPSN, Bupati Yaumil Canangkan Pasangkayu Bersih

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 04:50 WIB
peringati-hpsn-bupati-yaumil-canangkan-pasangkayu-bersih
Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 Tingkat Kabupaten Pasangkayu di Lapangan Alun-Alun Maleo, Sabtu (21/2/2022). (Sumber: Dok. Pemkab Pasangkayu)
Penulis : Elva Rini

PASANGKAYU, KOMPAS.TV - Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 Tingkat Kabupaten Pasangkayu di Lapangan Alun-Alun Maleo, Sabtu (21/2/2022).

“Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan kegiatan tahunan, sebagai momentum agar kita semua semakin baik dalam mengelola sampah,” kata Bupati Yaumil dalam sambutannya.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan komitmen semua pihak untuk menyikapi pengelolaan sampah yang lebih baik, guna mempersiapkan Pasangkayu menuju penghargaan Adipura.

"Semoga momentum ini menjadikan kita semua lebih peduli terhadap pengelolaan sampah, sebagaimana tema HPSN tahun ini, ‘kelola sampah, kurangi emisi, bangun proklim’,” terangnya.

Lebih lanjut, Yaumil menjelaskan bahwa dalam peraturan perundang-undangan, untuk mengatasi masalah persampahan, dibutuhkan program pengelolaan yang terukur, terencana, dan terpadu dari hulu hingga hilir.

Baca Juga: Bangkitkan Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan Melalui Aksi Bersih Bersih Pantai

Hal ini diperlukan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, sehingga sampah tidak hanya menjadi timbunan di tempat pembuangan akhir (TPA), tetapi menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna dan nilai jual.

Dalam rangka Pasangkayu menuju Adipura, mantan Ketua DPRD Pasangkayu ini juga menekankan bahwa pengelolaan sampah merupakan kewajiban bersama.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan sebagai momentum perbaikan dalam mengelola sampah. (Sumber: Dok. Pemkab Pasangkayu)

Untuk itu, Yaumil mengingatkan segenap pihak untuk bertanggungjawab menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, serta mendorong kerja sama dalan upaya untuk mengelola sampah secara berkelanjutan.

Pada akhir sambutannya, Yaumil berharap semua pihak dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Dengan demikian, cita-cita menjadikan Pasangkayu bersih dapat terwujud.

"Saya mengajak semua elemen masyarakat, bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk terus menggalakan prinsip bersih," tegasnya.

Baca Juga: Pestisida Ramah Lingkungan

Dalam rangka pencapaian visi misi Pemkab Pasangkayu, Yaumil juga menghimbau Dinas Lingkungan Hidup untuk mulai mencanangkan program Adipura, serta terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, lingkungan yang terjaga dengan baik, dan berkesinambungan.

"Kepada perangkat daerah dan seluruh ASN dalam lingkup Pemkab Pasangkayu, agar dapat memberikan dukungan pencapaian program Pasangkayu menuju Adipura. Berikan contoh kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan menuju Pasangkayu bersih, mandiri, dan bermartabat," pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan HPSN, Wakil Bupati Dr. Hj. Herny, Forkopimda Pasangkayu, Para Asisten, OPD dalam lingkup Pemkab Pasangkayu serta kalangan perbangkan dan masyarakat lainnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x